Kenapa banyak sekali Visual C++ Redistributable dan variasinya terinstall

Mungkin anda kaget saat melihat jumlah program bernama Microsoft Visual C++ Redistributable yang telah terinstall di Windows, apalagi perbedaannya yang terlihat hanyalah dari tahunnya saja. Penasaran dengan apakah kegunaan dari Microsoft Visual C++ Redistributable ini?

Kalau anda belum pernah melihat atau ingin memastikan berapa banyak variasi Visual C++ Redistributable ini, silahkan akses ke “Add/Remove Programs”. Anda akan mendapati tampilan yang mirip dengan gambar di bawah.
windows-add-remove-programs-vcpp-redist-listing

Bila dihitung terdapat 11 instalasi Microsoft Visual C++ Redistributable ini, jumlah yang mengesankan hanya untuk satu program dan variasinya.

Amankah atau tidak ada resiko bila ingin menghapus Microsoft Visual C++ Redistributable ini? Sebelum membicarakan aman atau tidaknya mari kita ketahui dulu apa gunanya.

Microsoft Visual C++ Redistributable ini merupakan library tambahan dari program yang dibuat dengan bahasa C++ menggunakan Microsoft Visual Studio. Karena program ini mungkin menggunakan fitur yang tidak standar atau bukan bawaan Windows, maka perlu menginstall library baru untuk memanfaatkan secara penuh. Bisa dikatakan kalau anda tidak memiliki library yang dibutuhkan kemungkinan besar program itu tidak akan berjalan atau rusak.

Program yang dimaksud tidak sebatas aplikasi biasa, game juga termasuk disini. Bila game anda bermasalah dengan Visual C++ Redistributable ini sebaiknya anda mencari versi yang cocok dan lakukan instalasi, atau anda bisa menggunakan tool ini untuk menginstall seluruh Microsoft C++ Redistributable secara massal.

Kembali ke pertanyaan awal, amankah menghapusnya? Dari penjelasan singkat diatas, dapat disimpulkan tidak. Menghapus Microsoft Visual C++ Redistributable ini selain membuat program yang membutuhkan menjadi rusak dan tidak dapat dijalankan juga bisa mengakibatkan Windows menjadi tidak stabil. Jadi sebaiknya anda membiarkan saja seluruh instalasi Visual C++ Redistributable ini, ukurannya kecil dan tidak memakan memori sehingga tidak ada efek negatif bila diabaikan saja.

236 pemikiran pada “Kenapa banyak sekali Visual C++ Redistributable dan variasinya terinstall”

Tinggalkan komentar