Kenapa banyak sekali Visual C++ Redistributable dan variasinya terinstall

Mungkin anda kaget saat melihat jumlah program bernama Microsoft Visual C++ Redistributable yang telah terinstall di Windows, apalagi perbedaannya yang terlihat hanyalah dari tahunnya saja. Penasaran dengan apakah kegunaan dari Microsoft Visual C++ Redistributable ini?

Kalau anda belum pernah melihat atau ingin memastikan berapa banyak variasi Visual C++ Redistributable ini, silahkan akses ke “Add/Remove Programs”. Anda akan mendapati tampilan yang mirip dengan gambar di bawah.
windows-add-remove-programs-vcpp-redist-listing

Bila dihitung terdapat 11 instalasi Microsoft Visual C++ Redistributable ini, jumlah yang mengesankan hanya untuk satu program dan variasinya.

Amankah atau tidak ada resiko bila ingin menghapus Microsoft Visual C++ Redistributable ini? Sebelum membicarakan aman atau tidaknya mari kita ketahui dulu apa gunanya.

Microsoft Visual C++ Redistributable ini merupakan library tambahan dari program yang dibuat dengan bahasa C++ menggunakan Microsoft Visual Studio. Karena program ini mungkin menggunakan fitur yang tidak standar atau bukan bawaan Windows, maka perlu menginstall library baru untuk memanfaatkan secara penuh. Bisa dikatakan kalau anda tidak memiliki library yang dibutuhkan kemungkinan besar program itu tidak akan berjalan atau rusak.

Program yang dimaksud tidak sebatas aplikasi biasa, game juga termasuk disini. Bila game anda bermasalah dengan Visual C++ Redistributable ini sebaiknya anda mencari versi yang cocok dan lakukan instalasi, atau anda bisa menggunakan tool ini untuk menginstall seluruh Microsoft C++ Redistributable secara massal.

Kembali ke pertanyaan awal, amankah menghapusnya? Dari penjelasan singkat diatas, dapat disimpulkan tidak. Menghapus Microsoft Visual C++ Redistributable ini selain membuat program yang membutuhkan menjadi rusak dan tidak dapat dijalankan juga bisa mengakibatkan Windows menjadi tidak stabil. Jadi sebaiknya anda membiarkan saja seluruh instalasi Visual C++ Redistributable ini, ukurannya kecil dan tidak memakan memori sehingga tidak ada efek negatif bila diabaikan saja.

226 pemikiran pada “Kenapa banyak sekali Visual C++ Redistributable dan variasinya terinstall”

  1. Mas autocad saya ga bisa jalan autocad2016 selalu side by side incorrect sxstrace.exe gitu, laptop saya asus i5 geforce , dan saya udah update vc nya dari 3dparty jg tetep aja kaya gt,mohon pencerahan ya mas, gimana ngatasi sxstrace.exe ini terutama di autocad

    Balas
  2. saya sudah instal 3dmax 2016nya dan sudah run beberapa hari, saya lihat partisi c mulai penuh namun saya salah uninstal program, program m.c++ . 3dmax tidak run saya instal ulang selesai 3dmaxnya gk muncul, instal lg hasilnya sama. mohon bantuannya min apa m.c++ itu bawaan dri 3d max, dan apa perlu instal m.c++ itu?

    Balas
  3. mau install corel draw x8 di win.10, sbelumnya pernah install tapi udah di uninstall. waktu mau install lagi tulisannya “You cannot install this product because another version is already installed. To install this product you must first uninstall the existing version.” mau uninstal Microsoft Visual C++ 2015 taku nanti ada software yg kebawa. gimana ya solusinya?

    Balas
  4. mas, saya mau install corel painter 2019 di win 10, tapi pas lagi install muncul intel(r) c++ redistributables on intel(r) 64 dan ada tulisan The feature you are trying to use is on a CD-ROM or other removable disk that is not available. Insert the ‘intel(r) c++ redistributables on intel(r) 64’ disk and click OK. gimana ya solusinya?

    Balas
  5. Mas,setiap saya menyalakan laptop slalu muncul pesan: The program can’t start because api-ms-win-crt-runtime-|1-1-0.dll is missing from your computer.T try reinstalling the program to fix this problem.Gimana cara mengatasi masalah ini,mohon solusinya.

    Balas
  6. Mas mau tanya kan aku instal software format factory nah udah keinstal tapi setelah ditutup softwarenya dan ku buka lagi ada tulisan the application was unable to start correctly 0xc00005. Solusinya gimana ya mas? Terus aku udah instal M.V c++ 2005-2010-2012-2013 Windows ku 64 bit. Mohon dibantu ya mas.

    Balas

Tulis komentar...