Barang yang dilarang oleh JNE

Mudahnya mencari barang yang diincar lewat internet bukan berarti bisa dengan mudah dikirimkan lewat ekspedisi, misal JNE. Pada dasarnya ada beberapa jenis barang yang termasuk dilarang untuk dikirimkan. Jadi anda setidaknya harus tahu apa saja yang termasuk terlarang supaya tidak jadi masalah nantinya.

Langsung saja, berikut adalah daftar barang yang dilarang dikirimkan lewat JNE:

  1. Barang yang mudah terbakar atau meledak seperti korek api, alkohol, tabung gas dan sejenisnya.
  2. Minuman keras seperti bir, vodka dan seterusnya.
  3. Semua hal yang berhubungan dengan pornografi.
  4. Obat – obatan terlarang seperti narkotika dan psikotropika.
  5. Hal yang mengganggu kesusilaan, keamanan dan ketertiban nasional.
  6. Uang tunai.
  7. Perhiasan, batu mulia atau logam mulia.
  8. Tanaman hidup karena bisa membawa penyakit.
  9. Hewan hidup dengan alasan yang sama.
  10. Senjata tajam.
  11. Senjata api. Bisa dikirimkan asal ada surat dar kepolisian.
  12. Petasan atau kembang api.
  13. Peralatan judi.
  14. Hal yang ilegal di Indonesia.

Jadi kalau pengiriman anda ditolak itu dikarenakan melanggar prosedur pengiriman JNE berdasarkan aturan diatas.

Sedikit sharing saja, walaupun kita bisa menyelipkan satu barang baik jenisnya biasa saja (misal elektronik untuk menghindari asuransi biasanya) atau terlarang (misal uang tunai), tapi sangat tidak disarankan. Kenapa? Karena nanti paket anda akan dibongkar di JNE dan lewat bandara akan di x-ray. Apabila barang tersebut tidak tertulis dalam resinya dan hilang maka JNE tidak akan bertanggung jawab.

Dan bisa dibedakan selain dari daftar JNE diatas juga ada kemungkinan terkena peraturan dari bandara, biasanya masalah cairan atau barang berharga seperti emas, ini akan diperiksa lewat x-ray. Kalau ketahuan semoga saja lancar ditolak dan dikembalikan, misal hilang akan sulit sekali mengurusnya.

Juga soal makanan atau minuman, JNE dari pengalaman tidak menolak kiriman yang basah atau dalam bentuk cairan. Tapi yang sering terjadi kalau kirim ke JNE terdekat maka cabang tersebut tidak memiliki kemampuan untuk mengemas barangnya dengan baik. Karena makanan dan minuman bisa ada kadaluarsanya dalam waktu singkat dan resikonya banyak komplain maka banyak agen JNE yang menolaknya. Saran saya silahkan disurvei dulu atau langsung ke JNE pusat di kota anda supaya lancar.

Kiriman hewan selama ini memang tidak pernah bisa, tapi kalau tanaman sudah beberapa kali saya belanja dan bisa nyatanya. Mungkin aturan JNE diatas belum diupdate atau beda dengan di lapangan. Aslinya harus ada surat kalau sudah lulus karantina dan bebas hama.

Semoga bermanfaat. 🙂

42 pemikiran pada “Barang yang dilarang oleh JNE”

  1. kalau boleh tau, misal kita kirim barang dan kebetulan tidak lolos xray JNE, apakah ongkos kirim hilang?atau bisa diklaim untuk kembali?

    Balas
  2. Mas misal kirim menggunakan jnt jne dan wahana yakni spare part motor seperti kampas cakram motor, busi apakah udara dn darat lolos xray ( diperbolehkan) ?

    Balas
  3. Mas kalau kirim kipas mini berisi batere lithium itu gabisa ya? Terus kalau kirim misal lampu tumblr yang menggunakan colokan listrik (tidak berisi batere) itu bisa? Soalnya colokannya kan mengandung logam itu bisa ga lewat jalur udara? Mohon dijawab ya

    Balas
  4. Mas saya pesan barang di suatu situs belanja online, nah barang nya itu ngk datang datang juga padahal saya sudah transfer uang nya, katanya seminggu sampe ini sudah hampir 2 minggu belum sampe juga. Ternyata barangnya ngk lulus xray. Nah barangnya itu nnti di kembalikan ke penjual nya atau bagaimana ya? Tolong rekomendasi nya dong kalau mau kirim pipa asap/smoke bomb bisa nya pakai ekspedisi apa? Kira kira uang saya di kembalikan ngk ya?

    Balas

Tulis komentar...