Barang yang dilarang kirim oleh J&T Express

Walaupun transaksi online tidak ada batasan geografis tapi masih ada beberapa aturan main dari ekspedisinya. Yang sering tidak dipahami adalah adanya jenis – jenis barang tertentu yang dilarang kirim, dan yang saya bahas kali ini adalah dari J&T Express dan lebih dikenal sebagai J&T atau JNT.

Pada umumnya yang dilarang adalah barang ilegal di Indonesia atau memiliki resiko merusak kemasan paket juga yang di sekitarnya. Seperti cairan dan benda mudah terbakar/meledak. Jadi bisa dibagi menjadi disebabkan masalah legalitas atau membahayakan kargo.

Berikut daftarnya:

  • Senjata api, bom dan amunisinya.
  • Bahan peladak atau berhubungan seperti mesiu, petasan, detonator dan sejenisnya.
  • Bahan yang gampang terbakar seperti gas, alkohol, fosfor, sulfur, bensin, dan sejenisnya.
  • Obat – obatan terlarang. Narkoba.
  • Bahan kimia yang bersifat korosif seperti asam sulfat, asam klorida, hidrogen peroksida dan seterusnya.
  • Benda yang memiliki kandungan radioaktif seperti uranium, plutonium, kobalt, radium dan sebagainya.
  • Benda propaganda. Misal atribut atau dokumen yang bisa mengancam kestabilan dan keamanan nasional.
  • Organ hewan yang belum diproses dengan aman dan bisa membahayakan kesehatan.
  • Kemasan paket yang tidak aman bagi barangnya juga lingkungan sekitar.
  • Melanggar hukum. Seperti uang tunai, uang palsu, senjata tajam, replika senjata, barang seni, hewan dan tumbuhan langka, dokumen rahasia negara dan seterusnya.

Khusus untuk cairan, kadang ada agen yang masih mau menerima asalkan kemasannya bagus atau kuat untuk mencegah kebocoran. Apabila ditolak padahal packingnya rapi kemungkinan karena dikirimkan lewat udara dan hal tersebut dilarang oleh bandara. Makanan juga, karena harus cepat tiba di tujuan kalau tidak akan basi, maka tidak semua cabang bersedia mengirimkannya. Tidak berani menjamin akan cepat tiba.

210 pemikiran pada “Barang yang dilarang kirim oleh J&T Express”

    • Kirim bisa, tapi entah kebijakan impor Malaysia mbak.

      Catatan saja, kalau kita impor kosmetik ke Indonesia walaupun penggunaan pribadi harus ada ijin BPOM. Kalau tidak ada maka akan disita/dikembalikan ke pengirim. Mungkin Malaysia ada kebijakan yang serupa.

  1. Saya mau tanya apakah bisa kirim obat resep dari dokter yang beli di apotik ?? Padahal yang tertulis yang dilarang obat-obatan itu narkoba, nah sedangkan obat dari apotik sesuai resep dokter, bagaimana ???

    Balas
    • Dalam Jawa? Bisa mbak. Kalau keluar Jawa biasanya akan dikirimkan lewat darat/laut jadi bisa lebih lama lagi pengirimannya.

  2. Malam om gan bang sis kak tante.
    Untuk batu akik / asesoris lainnya sperti kalung, gelang dan cincin sudah tidak boleh yah oleh pihak j&t ????

    Terimakasih…

    Balas
  3. J&T daerah saya Ciborelang Jatiwang kab. Majalengka Tidak Menerima Kirim Kartu Perdana. Sebagai Tetangga Saya sesalkan ituh Sebab tiap hari ane kirim Jual kartu perdana via Jne dan POS yang selalu Menerima dan tidak Rewel. Trims Jne + Pos indonesia

    Balas
  4. J&T daerah Ciborelang. kecamatan Jatiwangi. Kabupaten Majalengka. Tidak Menerima Kirim Kartu perdana. Sungguh di sayangkan Padahal berdekatan dengan ane Tapi tiap hari ane ane kirim barang Jadi pake kurir Lain yang nerima Kirim kartu Perdana

    Balas
  5. Mau tanya gan. Saya kirim tas kotak kecil bahannya kulit sanca/piton.
    Tasnya itu buatan lawas, bukan baru produksi.
    Dikirim via J&T dari kebumen ke lampung.
    Kira2 lolos bea cukai/bisa lanjut pengiriman sampe lampung ga ya?
    Pas saya tanya agen J&T sih katanya gapapa, tapi bilang kalaupun ga boleh nanti balik lagi.
    Cuma mau minta info gan, bisa ga ya kira2?
    Klo dilihat aturan poster di agen j&t, yg dilarang itu organ tubuh, barang/satwa langka.
    Klo tas udah jadi tapi bahan kulit sanca gitu termasuk ga ya?
    Klo ga salah saya pernah lihat banyak yg jual tas kulit sanca dan aman2 saja dikirim via J&T.
    Mau minta pendapatnya aja gan, termasuk barang yg dilarang ga ya paket tas kulit sanca saya itu?
    Ditunggu infonya.
    Terimakasih.

    Balas
  6. Gan, klo tas kulit sanca, termasuk barang yg dilarang j&t ngga? Mau kirim ke lampung tapi takutnya kena di bandara ga lolos..
    Tasnya kecil, udah jadi, layak pakai dan buatan lama, bukan produksi baru.
    Klo dilihat di poster larangan paket di agen J&T sih, yg ga boleh organ tubuh atau hewan/barang langka.
    Klo tas kulit sanca termasuk ga ya?
    Agennya sih bilang gpp, tapi bilang juga kalau ga boleh nanti balik paketnya.
    Gimana ya kira2 menurut agan , tas kulit sanca dilarang ga klo di bandara?
    Cuma 1pcs
    Dan keterangan isi juga ditulis sesuai isinya, tas kecil bahan kulit sanca

    Balas
  7. Kalau minta ganti jalur udara ke darat bgmn ya? Apa harus menghubungi pihak jnt? Soalnya paket sy statusnya msh berada di gudang JNT. Ditolak pihak maskapai

    Balas
  8. Kalo paket sudah dikirim tapi saat sampe kota tujuan statusnya jadi bemasalah disimpan di gudang J5 itu gimana ya? Harus diapain kah biar paket bisa saya terima? Atau paket ditahan & ga akan bisa diambil?

    Balas
  9. Ikan cupang tidak bs. ekspedisi J&T tdk bs kirim hewan baik luar atau dalam pulau. di khawatirkan ikannya mati (apalagi gudang bs di lempar ditindih paket yg besar dan berat)

    Balas
  10. kiriman isi paketannya apa dan kemana? setau saya yg bisa darat cuma Palembang bandar lampung. luar dari itu tidak bs darat walau request minta darat

    Balas
  11. Sblm ny mau menambahkan untuk pengiriman melalui udara. Memang sdh di jelaskan di atas krna di atas mengandung prohibted item ( dangers good )
    Sesuatu item yg mengancam keselamatan penerbangan sprti contoh td. Bahan kimia yg mudah terbakar ( spirtus dll)
    Bubuk mesiu ( bahan peledak yg seperti di gunakan percon.)
    Lalu durian. Durian tdk boleh dikirimkan melalau via ekspedisi krna bergas biasa ny mengirimkan lewat kargo bisa asalkan packing benar dan aman dan telah melalui uji karantina.
    Biasa ny via ekspedisi itu menggunakan 2 jalur. Yaitu darat dan udara . Sering mngkin barang cepat sampai biasanya menggunakan via udara tp sblum mengirim ketentuan via ekspedisi terbatas dan tdk sampai mengurus ke karantina contoh td kalo kita mngirim udang melalui via ekspedisi biasa ny td bsa . Tp kalo kita mngurus menggunakan via kargo barang tsbt harus melalui karantina dan mendapatkan surat jalan pngiriman via udara.
    Hanya itu saja yg bs saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian semua dan tdk memboikot knapa hewan gk bs kirim via ekspedisi karena alasan berikut via ekspedisi bukanlah perusahan/ikatan yang mengurus surat karantina.
    Lalu untuk apa hewan trsebut di periksa oleh karantina?
    Karena kita tdak tau hewan trsbut membawa wabah pnyakit atau tdk itu sebab ny pihak karantina menguji dan memiriksa kondisi hewan yg akan di kirim via kargo.
    Termakasih smoga sobat sekalian memahami bahwa penting ny keselamatan.

    Balas

Tulis komentar...