Sudah berapa lama komputer anda hidup?

Mungkin anda memperhatikan jam di dinding untuk menghitung sudah berapa lama komputer sudah hidup, atau anda ingin memastikan bahwa anak anda tidak menggunakan komputer lebih lama dari batas waktu seharusnya. Jika anda memang ingin tahu sudah berapa lama komputer anda hidup ada cara mudah kok tanpa memerlukan software tambahan di Windows.

Bagaimana caranya? Silahkan panggil Task Manager dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL atau CTRL+SHIFT+ESCAPE, kemudian pindahkan ke tab Performance.

windows-7-task-manager-performance

Perhatikan pada kotak System akan ada teks Up Time, waktu yang tertulis inilah yang menunjukkan sudah berapa jam (atau malah hari) komputer anda nyala.

Setelah itu apa yang sebaiknya dilakukan? Sekarang terserah anda sebenarnya, walau komputer bisa aktif berhari – hari (bahkan hitungan bulan) tanpa perlu dimatikan tapi ada baiknya kalau berapa temperaturnya diperhatikan. Jika terlalu panas ada resiko merusak komponennya. Anda bisa mengeceknya secara singkat menggunakan Speccy yang akan membaca sensor suhu yang ada.

speccy-summary

 

Kalau ternyata komputer cukup cepat menjadi panas dalam waktu dan tidak ada proses yang sedang aktif ini pertanda ventilasi didalamnya kurang lancar. Solusinya anda perlu membersihkan dari debu dan mengatur kembali alur udara didalam casingnya, bila ini adalah laptop saya sarankan menggunakan tenaga profesional (teknisi).

Tulis komentar...