Cara berhenti berlangganan IndiHome

Mungkin karena pertimbangan biaya atau tawaran ISP sebelah lebih menarik hati (dan kantong) akhirnya memilih untuk berhenti langganan IndiHome. Apalagi channel USEETVnya juga sudah dikurangi.

Supaya tidak jadi masalah dan billing masih jalan maka ada baiknya langsung mengajukan pemutusan ke Telkom, setidaknya menunggu sampai ISP penggantinya sudah online di rumah. 😀

Berhenti langganan IndiHome lewat Plasa Telkom

Prosedur untuk memutuskan langganan IndiHome sendiri sangatlah mudah, kita tinggal datang ke Plasa Telkom dan bawa alat – alat yang dipasangkan di tempat kecuali kabel Fiber yang masuk dari luar. Itu memang tidak diminta. Bahkan aslinya kadang ONT dan Router WiFi tidak ditanyakan juga, tapi jaga – jaga nanti disuruh mengembalikan karena semuanya sewa. Apalagi antri di PlasTel itu dari pengalaman lama sekali.

Nanti sambil ngobrol dengan mbak – mbak customer servicenya akan diberikan formulir pengajuan pemutusan langganan. Kita akan dibantu mengisikan, yang pasti wajib ada KTP/SIM dari nama pelanggan yang terdaftar. Jadi tidak bisa diwakilkan juga karena akan dicek langsung.

Didalam prosesnya tidak ada hal istimewa, tapi pada tahap akhir kita akan ditanyakan (survey) kenapa kok berhenti berlangganan Indihome. Biasanya antara diiyakan langsung atau diberi promo khusus bagi pelanggan yang mau cabut. Kalau ini keputusan di tangan anda apakah batal atau tetap lanjut. 😀

Nah sebagai finalnya, nanti akan diminta ke kasir dan melunasi tagihan yang sedang berjalan. Misal sudah berjalan 14 hari sejak tanggal billing terakhir maka yang kita bayar ya hanya yang digunakan, bukan bayar penuh satu bulan. Tapi tetap ada biaya pemutusan dan materainya, tidak mahal kok.

Niscaya dalam beberapa hari internet dan tv kabel di rumah anda akan mati, ini paling lama.

Memutuskan layanan IndiHome lewat online

Sekarang ada cara yang lebih mudah bagi pelanggan IndiHome untuk memutuskan layanannya. Tanpa perlu tatap muka, tapi dengan sedikit risihnya privasi saja. Kalau ragu-ragu atau takut disalahgunakan datanya maka lebih aman datang ke PlasTel.

Cara memutus langganan IndiHome online

  1. Kontak admin IndiHome lewat akun media sosial Twitter, Facebook, atau Instagram. Bisa email di [email protected] dan telepon ke call center IndiHome di nomor 147.
  2. Sampaikan ingin berhenti langganan IndiHome.
  3. Akan dapat balasan seperti berikut.

    Siang, Kak . Terkait permintaan berhenti berlangganan apakah sudah dipertimbangkan kembali? Karena sangat disayangkan nantinya Kakak akan kehilangan benefit yang didapat dari layanannya saat ini. Serta boleh diinformasikan alasan berhentinya karena apa, Kak? Berikut Sammy informasikan syarat dan ketentuannya
    1. Melunasi tagihan bulan berjalan (baik sudah jatuh tempo ataupun belum jatuh tempo).
    2. Nomor internet tidak isolir
    3. Melunasi tunggakan dan pembayaran tagihan penggunaan terakhir
    4. Lepas autodebit
    – Pelanggan yang menggunakan proses pembayaran autodebit untuk tagihanya, ketika proses berhenti berlangganan silakan melakukan proses pemberhentian autodebit pada tagihanya sesuai bank yang digunakan saat pembayaran
    5. Pengembalian perangkat yang akan diambil oleh petugas mitra kurir Grab
    6. Bank BCA memiliki kebijakan dimana pelanggan tidak diperbolehkan melakukan 2x transaksi dalam 1 nomor pada bulan yang sama, karena akan dianggap fraud dan dana akan ter-refund kembali ke pelanggan di bulan selanjutnya.

  4. Soal alasan, sebaiknya langsung tekankan ingin berhenti saja. Kalau anda bilang pindah, malah akan difollowup agar langganannya migrasi juga.
  5. Langkah berikut adalah syarat soal data pelanggan. Untuk validasinya akan diminta: Nama Pelanggan, Relasi/Status, Nomor internet, Alamat lengkap, bukti identitas (KTP/SIM), Nomor identitas, Nomor HP utama dan opsional yang alternatif, Alamat email, dan foto kartu keluarga.
  6. Setelahnya anda akan mendapatkan link upload dokumen lewat email atau SMS ke nomor hp tadi.
  7. Yang diminta adalah foto tanda tangan, foto KTP/SIM, selfie dengan kartu identitas, dan scan kartu keluarga.
  8. Apabila pengajuan anda diterima dan dipertimbangkan bisa diberhentikan maka akan segera diproses.

Untuk memastikan kita sudah benar – benar tidak tercatat sebagai pelanggan coba cek tagihan bulan berikutnya. Kadang anehnya masih ada tagihannya, tapi nominalnya kecil dibawah Rp. 50.000. Bisa anda laporkan lagi untuk tahu ini tagihan apa, atau langsung dilunasi saja. Biasanya bulan depan sudah lenyap dan tidak bisa dicek lagi billingnya. Kalau ini ya sukses ceritanya kita berhenti langganan. 😀

Oh ya, bagi yang ingin tetap menggunakan nomor teleponnya kemungkinan besar akan dijawab tidak bisa. Harap anda hati – hati disini. Nanti akan diberikan nomor baru.

Bagaimana kalau memilih tidak bayar tagihan? Harap waspada, ini tagihannya tetap berjalan walau tidak terpakai. Nanti kejadiannya saat anda ingin melanjutkan atau pemasangan IndiHome baru dengan identitas lama maka akan ditolak. Wajib bayar tunggakannya dulu.

99 pemikiran pada “Cara berhenti berlangganan IndiHome”

  1. buat kawan2 yg akan pasang indohome lebih baik berpikir ulang 2x. karena selain koneksi yg lama, proses penutupan nya tuh membuat emosi seperti yg saya alami. sy sudah melakukan pengajuan penutupan dengan datang langusng ke plaza telkom. pada hari itu juga perangkat sudah dikembalikan, sisa rekening bulan yg belum terbayar sudah dilunasi. tetapi apa yg terjaadi? hari-hari selanjutnya dari pihak telkom masi terus menagih pembayaran untuk indihome yg sudah diputuskan. jadi PELUNASAN YG SUDAH DILAKUKAN TIDAK DICATAT PIHAK TELKOM. Jadi sudah jelas, KETIDAK PROFESIONALAN TELKOM tercermin dengan tidak sinkronnya sistem.

    Balas
  2. PERMISI GAN SAYA MAU NANYA NIHH, SAYA PASANG INDIHOME SEJAK SEPTEMBER LALU JADI KURANG LEBIH UDAH 4 BULAN NAH , TAGIHANNYA ITU UDAH BESAR KISARAN 800K JADI AKU MAU CABUT TUH WIFI, TAPI NGGAK ADA ORANG SANA YG DATANG BUAT NAGIH ATAU GIMANA JADINYA SMPE SKRNG BLOM DI AMBIL ALATNYA , KIRA KIRA SOLUSI YG TEPAT GIMANA YAA BIAR BAYARNYA NGGAK MAHAL ?DAERAH PALEMBANG

    Balas
    • Nanti akan diputus sendiri mas. Tapi identitas anda akan tercatat ada tunggakan.

      Yang jadi masalah kalau ingin berlanjut pakai atau pemasangan baru akan ditolak. Nanti wajib melunasi denda dan tunggakannya.

  3. Cerita saya sendiri, karena buka jasa pengetikan jadi saya memakai indiehome 20mbps. Dan karena berniat mau jual wifi juga, saya malah daftar lagi wifi id. Dan indiehome mau saya cabut, tapi setelah tahu kalau wifi id gak bisa nyambung lewat kabel lan, jadi saya balik lagi ke indiehome dan wifi id mau saya cabut. Saya telp ke salesnya katanya udah deal wifi id dicabut, dan indiehome konek lagi. Saya disuruh bayar tagihan indiehome aja, wifi id gak usah dibayar lagi. Dan udah 3 bulan SSID yg di wifi id juga udah gk muncul. Tapi 2 hari yg lalu saya dapat telp dari Telkom disuruh melunasi tagihan wifi id selama 2 bulan. Jadi gimana ini solusinya? Apakah saya harus bayar wifi id lagi? Sedangkan tagihan indiehome juga beda.

    Balas
  4. Om om… Mau tanya boleh??? Klo prmohonan unreg kita hrs nunggu brp bln y??? Dr awal pndaftaran?? Mhn info ny.. Coz.. Sy rs .. Rugi.. Krna di skitar rmh ga pd mau di tawarin wifi id. Jd mrugi sy rs. Mhn info ny y om…. Mks..

    Balas
  5. Kalau saya mau berhenti berlangganan IndiHome pemakaian masih 1 bulan trs kalau selanjutnya kalau minat lagi pasang IndiHome lagi boleh apa gak ya

    Balas
  6. gan ane mau nanya , ane bln januari blm bayar , dan sekarang udah febuary , di bln febuarry sudah terisolasir , saat pemutusan apa bulan febuari bayar juga , padahal saya memakai di bln januari saja

    Balas
  7. Assalamualaikum bang gini ini wifi mati saya belum bayar ,nunggubulan depan bayar nya, bisa gx yah … trus pembayarannya tetep sama gx 380.000 .. mohon jawabannya

    Balas

Tinggalkan komentar