Bisakah Ram DDR3L digunakan pada slot DDR3?

Apakah DDR3L itu? merupakan memory atau RAM yang digunakan pada mesin (mainboard) dengan sistem “low voltage”. Biasanya pada processor Intel 4th Generation keatas sudah menggunakan DDR3L.

Pada RAM untuk menandakan DDR3L atau bukan, bisa dilihat pada stiker yang tertempel. Apakah tertera PC3 atau PC3L? PC3 = DDR3 , jika PC3L = DDR3L.

cpuz memory

 

Nah apakah DDR3L bisa di pakai pada slot DDR3? jika melihat sifatnya bahwa DDR3L merupakan dual voltage yang bisa berjalan pada 1,35V dan 1,5 V. Maka jawaban dari pertanyaan di atas adalah bisa.

Slot DDR3 hanya berjalan pada tegangan 1,5V, karena ram DDR3L bersifat dual voltage alias juga berjalan di 1,5V. Maka seharusnya ram DDR3L bisa bekerja dengan normal di slot DDR3. Namun hal ini tidak berlaku sebaliknya, slot DDR3L tidak bisa dipasang RAM DDR3.

Walaupun begitu disarankan sebisa mungkin hal ini dihandari, mengapa? meskipun tidak semua, tetapi ada kasus dimana ketika slot DDR3 diapasang ram DDR3L pada awal pemakaian tidak ada masalah. Namun setelah berapa bulan pemakaian error mulai terjadi.

Error yang sering terjadi antara sering Blue Screen dan layar blank (power menyala tetapi tidak ada tampilan). Meskipun sudah diganti dengan ram DDR3L yang lain error masih terjadi, namun ketika dikembalikan ke ram DDR3 error pun hilang.

Jadi saran saja sebisa mungkin gunakanlah RAM yang sejenis, namun jika terpaksa karena DDR3 sudah mulai sulit dicari baru pergunakan ram DDR3L.

38 pemikiran pada “Bisakah Ram DDR3L digunakan pada slot DDR3?”

  1. Mau tanya nih, saya sudah install CPU-Z dan pas buka di tab SPD tertulisnya DDR3L, max bandwidth PC3-12800 (800MHz), voltage nya 1.35 V dan hanya 1 slot ram tapi di Memory tertulisnya type DDR3, apakah aman upgrade ram 8gb DDR3L?

    Balas

Tinggalkan komentar