Bootstrap CDN: Solusi lengkap untuk Bootstrap

Bootstrap adalah kumpulan template untuk desain website atau aplikasi web, anda bisa menemukan berbagai jenis template berbasis HTML, CSS dan JavaScript yang bisa anda gunakan dengan mudah. Karena tampilan defaultnya sendiri sudah cukup menarik dan modifikasinya termasuk mudah maka banyak orang yang memanfaatkannya sebagai dasar desain situsnya. Komponen penyusun Bootstrap sendiri disediakan layanan Content Delivery Network (CDN) gratisnya yaitu Bootstrap CDN.

Bootstrap CDN adalah layanan CDN yang khusus menyediakan file untuk Bootstrap, FontAwesome untuk font yang bisa digunakan di website dan theme Bootstrap dari Bootswatch. Jadi anda bisa menggunakan CDN ini untuk file Bootstrap, menggantikan icon di situs dengan gambar di FontAwesome dan memakai tema Bootstrap dari Bootswatch. Semuanya bisa dilakukan dari satu layanan.

bootstrap-cdn-bootstrap-css-js

Cara menggunakan BootstrapCDN sendiri cukuplah mudah, sama persis saat anda mendeklarasikan referensi ke file eksternal saat membuat script HTML atau bahasa pemrograman web lainnya. Contohnya adalah menggunakan versi Bootstrap terbaru saat ini:

  • File CSS dari Bootstrap 3.1.1
    //netdna.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.1.1/css/bootstrap.min.css
  • File JavaScript dari Bootstrap 3.1.1
    //netdna.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.1.1/js/bootstrap.min.js

Kedua file diatas adalah versi minifiednya (dikompres dan dihilangkan karakter tidak perlu), kalau anda ingin menggunakan versi non-minified hilangkan kata “.min”-nya menjadi bootstrap.css. Versi lain juga tersedia pada bagian Legacy. Oh ya memang tidak ada alamat protokol yang digunakan pada url file Bootstrap diatas, jadi tidak disediakan http://, https://, atau spdy://. Karena dengan menggunakan sistem alamat // akan otomatis menggunakan protokol yang digunakan situs tempat dipasangnya CDN ini.

Kenapa menggunakan Bootstrap CDN? Singkatnya akses file akan relatif lebih cepat karena menggunakan CDN, juga akan menghemat bandwidth dari hosting anda.

Tulis komentar...