Browser dengan penerjemah bahasa

Advertisements

Kadang saya perlu berurusan dengan teks sumber bukan dengan bahasa Inggris ataupun Indonesia dari website tertentu, dan jelas untuk memahami isinya perlu menggunakan penerjemahan.

Sedangkan browser utama saya adalah Firefox dan tidak ada translator bawaan di dalamnya, jadi harus install ekstensi dulu. Dan ini saya males, karena tiap tambahan fungsi selain hal esensial dan tidak terintegrasi biasanya malah bikin berat.

google chrome terjemahkan qidian

Advertisements

Karena tidak ada batasan jumlah browser yang boleh dipakai maka solusi terbaiknya adalah dengan menginstall mesin peramban alternatif yang memiliki fungsi terjemahan secara built-in. Asalkan bahasa asing akan dijadikan bahasa yang kita pahami langsung.

Setidaknya ada 3 browser yang memiliki fitur penerjamah sendiri dan otomatis:

  1. Google Chrome. Ditenagai Google Translate. Ini banyak yang sudah tahu, default di Android dan boleh saya simpulkan yang paling akurat diantara semuanya. Tapi kadang bisa gagal pada jenis-jenis halaman tertentu. Seperti baca novel Jepang atau Cina.
  2. Microsoft Edge. Ditenagai Bing Translator. Bawaan Windows 10. Ini kesukaan saya karena semua halaman dilibas. Tidak ada gagal proses, tinggal reload saja halamannya kalau nyangkut. Menurut saya kualitas terjemahannya agak dibawah Google, beda tipis kok.
  3. Yandex Browser. Ditenagai oleh Yandex.Translate. Ini yang baru saja saya tahu dan bisa jadi pelengkap kedua browser diatas kalau tidak bisa mengatasinya. Dari percobaan singkat saya ini jagonya konversi bahasa Rusia ke Inggris sih. Sedangkan sisanya pada level cukupan.

Cuma ada 3? Ya, dulu saya mikir kok layanan penerjemah dalam browser itu sedikit sekali. Setelah saya cari tahu ternyata biaya untuk mengolah data banyak bahasa itu tidaklah sedikit. Makanya terlihat hanya raksasa-raksasa teknologi yang punya modal, waktu dan ilmu untuk terjun di bidang ini.

Sekian dan semoga membantu. 🙂

Advertisements

Tinggalkan komentar