BuiltWith: Mengetahui suatu website dibuat menggunakan teknologi apa saja

Saat anda mengunjungi suatu situs mungkin anda ada rasa penasaran ingin mengetahui bagaimana dan dengan menggunakan teknologi apa saja website tersebut dibuat. Kalau hanya melihat dari desain websitenya mungkin informasi yang akan dapatkan adalah terbatas, tapi karena mungkin anda ingin mengembangkan situs sejenis atau hanya karena ada keinginan untuk mempelajarinya maka tidak ada salahnya melakukan analisa susunan (stack) teknologi situs tersebut.

Daripada repot – repot menggunakan view source untuk membaca kode – kode yang mungkin malah menambah bingung maka sebaiknya anda menggunakan layanan dari BuiltWith yang dikhususkan untuk mendeteksi terdiri dari apa saja suatu website itu. Anda cukup memasukkan alamat website atau nama domain ke dalam kotak pencariannya dan klik Lookup.

builtwith

Anda akan dialihkan ke halaman profil teknologi dari situs tersebut, informasi yang ditampilkan secara rutin diupdate setiap 2 minggu.

builtwith-website-technology-profile

Anda bisa mendapatkan informasi mengenai server web yang digunakan, jenis sertifikat SSL, siapa penyedia web hostingnya, menggunakan bahasa pemrograman atau framework apa, menggunakan jasa periklanan apa saja, pemakaian layanan analisa pengunjung, javascript library apa saja yang digunakan, apakah ada widget khusus yang disisipkan dalam website tersebut, Bila ada CDN dalam situs atau tidak dan masih banyak lagi.

Anda bisa mendapatkan data mengenai komposisi website yang anda analisa, dan mungkin bisa menjadi bahan referensi bahwa anda bisa membuat website yang mirip dengan teknologi sejenis.

Tulis komentar...