Cacoo: Membuat segala jenis diagram secara online

Seringkali kita dinas pada lokasi yang softwarenya tidak lengkap, salah satunya sewaktu saya mendapat instruksi untuk membuat diagram jaringan pada kantor cabang, Microsoft Visio tidak tersedia karena masalah lisensi, dan ini membuat saya beralih mencari alternatifnya seperti Dia. Tapi karena kecepatan download yang terbatas kadang lebih baik menggunakan solusi online untuk membuat diagram.

Apalagi saya waktu itu cuma membawa sebuah flashdisk berukuran 4GB, suram benar nasib saya kalau dipikir.

Untungnya masih ada harapan dari hasil pencarian Google. Salah satu layanan pembuatan diagram secara online adalah Cacoo yang juga tersedia versi gratisnya, dalam keadaan darurat ini tidak sengaja saya menemukannya di internet dan sekarang sudah memiliki akun gratisnya.

Anda bisa membuat berbagai macam jenis diagram disini, mulai dari Flowchart, UML, Mindmap, ER Diagram, dan masih banyak lagi. Karena itu saya mengatakan diagram online serba ada, untuk sebagian besar kebutuhan sudah lengkap jenisnya. Dan disini saya membutuhkan pembuatan diagram network untuk visualisasi struktur jaringan di kantor.
cacoo-network-diagram

Cara menggunakan Cacoo sendiri sangatlah mudah, tinggal pilih jenis diagram yang ingin dibuat dan klik pada elemen yang diinginkan kemudian letakkan pada kanvas yang disediakan. Anda bisa mengatur hubungan antar elemen, menambahkan keterangan atau teks pada setiap objek, mengubah ukurannya dan masih banyak lagi. Saya malah kewalahan karena banyaknya opsi dalam desainnya, padahal cuma membutuhkan pembuatan diagram sederhana.

Kalau sudah selesai anda bisa menyimpan diagram tersebut pada akun anda, tapi juga bisa diekspor menjadi gambar PNG, presentasi PowerPoint, PDF, gambar vektor SVG, dan PostScript. Jadi bisa segera anda gunakan hasil diagramnya, kalau saya sih waktu itu segera untuk dicetak dan memang mudah sekali tanpa ada hambatan.

Tulis komentar...