CaptionBot: Mendeteksi apa isi foto

Microsoft memang sedang gencar – gencarnya mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) mereka, dulu mereka merilis suatu layanan online unik bernama How Old Do I Look? untuk mengenali berapa usia orang yang ada dalam foto. Sekarang mereka selangkah lebih jauh lagi dengan berusaha membuat deskripsi dari apa isi fotonya.

Yak, namanya adalah CaptionBot dan cara menggunakannya sangatlah mudah. Anda tinggal upload fotonya dan tunggu beberapa saat untuk proses deteksi objek dan lingkungan sekitarnya selesai. Hasilnya CaptionBot akan menjelaskan semanusia mungkin tentang fotonya, dalam bahasa Inggris tentunya.

captionbot

Dari percobaan memang masih agak kaku/kasar dalam kata – katanya dan kadang kurang spesifik, ini karena algoritmanya sendiri kurang yakin akan hasil analisanya jadi memakai bahasa yang ambigu. Tentu saja perlahan tapi pasti dengan semakin banyak foto atau gambar yang dianalisa akan semakin akurat, ini karena mereka menggunakan Machine Learning untuk belajar dan melatih AInya.

Tidak akan kaget kalau kedepannya kita tinggal memfoto suatu objek, lokasi atau orang dan akan muncul langsung informasinya seperti film – film bertema futuristis. Ini langkah awalnya lah. 🙂

Satu pemikiran pada “CaptionBot: Mendeteksi apa isi foto”

Tulis komentar...