Cara backup Contacts di Android

Bergantinya handphone biasanya yang paling repot adalah masalah daftar buku telpon atau kontak yang ada. Kalau mau dicatat satu per satu bisa keriting jari – jari anda mengetikkan seluruh isi Contacts di Android, makanya lebih baik anda transfer saja data mengenai kontak anda karena memang sudah didukung fitur ini. Daripada repot – repot tentu lebih cepat dan mudah menggunakan fungsi backupnya bukan.

Handphone baru saya menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 (JellyBean), kalau ada perbedaan silahkan diadaptasikan caranya. Tentu saja buka dulu aplikasi Contacts (Buku Telpon) di Android, setelah itu buka menunya (gambar tiga baris horisontal paralel kalau tidak tahu) dan pilih Import/Export.

android-contacts-menu

Selanjutnya adalah menentukan data Contact Android disimpan (export) atau diambil (import) dari mana. Disini saya memilih ke Phone contact karena ingin membuat cadangan dari kontak yang tersimpan di handphone. Pilih Next untuk melanjutkan.

android-copy-contacts-from

Sekarang adalah memilih kemana kontak anda akan dibackup, saya memilih SD card supaya mudah memindahkannya nanti.
android-copy-contacts-to

Daftar kontak anda yang tersimpan akan muncul semua, anda bisa memilih mana saya yang akan dibackup atau saran saya backup saja semuanya dengan memilih Select All. Tekan OK untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

android-export-contacts-select-all

Selanjutnya akan muncul jendela konfirmasi backup kontak, nanti filenya akan memiliki ekstensi *.vcf.

android-you-contacts-list-will-be-exported-to-file

Silahkan anda cek ke SD card atau Phone Storage anda, akan ada satu file dengan format VCF, kalau ini pertama kali melakukan ekspor kontak maka namanya adalah 00001.vcf dan seterusnya.

android-contacts-backup-00001-vcf

Saran saya agar file ini anda backup juga di tempat lain, lebih baik lagi kalau disimpan secara online juga dengan menggunakan layanan seperti Dropbox, Copy, atau Google Drive.

Tulis komentar...