Cara cek akun Google kita sedang aktif di perangkat apa saja

Pernah merasakan ada aktivitas aneh yang terjadi pada handphone Android kita? Misal seperti riwayat browsing yang tidak dikenal, atau daftar game yang jelas-jelas tidak terinstall, atau malah bisa mengirimkan pesan email dan verifikasi akun yang tidak diketahui sumbernya. Bisa jadi kedepannya bisa lebih parah lagi.

Ini semua bisa disebabkan dari hp anda diserang virus, atau anda tidak sadar akun Google anda dipakai di perangkat lain oleh orang yang tidak berhak. Bisa dikatakan ini sudah melanggar privasi dan bisa beresiko penyalahgunaan data pengguna kalau dibiarkan.

Maka dari itu harus kita cegah sebelum menjadi bahaya yang besar kedepannya. Cara mengatasinya sendiri cukup mudah, cek saja akun Google anda sedang login di perangkat apa saja.

Cara cek akun Google aktif di device apa saja:

  1. Langsung saja akses link: https://myaccount.google.com/device-activity, tentu perlu login kalau belum.
  2. Di halaman tersebut akan muncul semua perangkat yang terbukti Google account tersebut pernah dipakai. Dalam contoh saya pribadi, ada 1 laptop, 3 hp dan 1 tablet.
  3. Dari sini juga anda bisa menentukan, misal ada perangkat hilang bisa dilacak lokasinya, atau kalau ada nama perangkat yang tidak dikenal bisa diblokir aksesnya.

Ya, aslinya cukup mudah untuk mengecek keamanan akun Google. Cuma kadang dilupakan karena dirasa tidak perlu. Saran saya lakukan setiap 1-2 bulan sekali untuk menyisir apakah semuanya sesuai ekspektasi. Atau lindungi dengan 2FA lewat SMS atau Authenticator.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Satu pemikiran pada “Cara cek akun Google kita sedang aktif di perangkat apa saja”

  1. biasanya memang ada notif di email kita ketika ada yg log in di perangkat lain, nah kalo perangkat lain itu punya kita sendiri gimana cara cegah notifnya gk masuk pak?

    Balas

Tulis komentar...