Cara mengganti nomor hp akun Shopee yang hilang atau tidak aktif

Advertisements

Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya membantu teman yang baru sadar kalau nomor hp yang terdaftar di Shopee sudah hangus. Eh cerobohnya malah dilogout dulu dari aplikasi, tanpa ganti nomor terbaru sebelum yang lama nonaktif.

Efeknya sebenarnya tidak banyak kecuali saat ganti data-data penting di akun, tetap bisa belanja seperti biasa. Makanya telat tahu kalau nomornya sudah tidak aktif dan sim cardnya dibuang/hilang.

formulir perubahan nomor telepon shopee

Saya yakin anda yang mengalami masalah serupa tentu ingin langsung to the point solusinya. Saya tidak akan menjabarkan semua metode. Ada 2 cara, yang membedakan kecepatannya saja.

Siapkan dulu persyaratannya:

  • Alamat email yang terkait pada akun Shopee.
  • Username Shopee.
  • Nomor HP lama.
  • Nomor HP baru.
  • Foto KTP.
  • Selfie dengan KTP.

Ganti nomor hp lewat call center Shopee

Ini solusi tercepat, tapi makan pulsa. Silahkan telpon ke nomor call center Shopee 1500702 untuk berbicara langsung ke customer service. Sampaikan bahwa anda ingin mengubah nomor yang terpasang di akunnya. Jelaskan bawah nomor lama sudah tidak terpakai atau tidak dapat dihubungi lagi.

Mbak/mas csnya akan meminta informasi lebih lanjut mengenai akun anda. Kurang lebih akan ditanyakan dalam daftar syarat diatas.

Advertisements

shopee perubahan nomor telepon disetujui

Khusus ShopeePay, kalau ini sudah terverifikasi maka walaupun emailnya juga lupa password tapi karena data KTP anda sudah tersimpan masih bisa dipulihkan. Nanti akan ditanyakan juga info dalam KTPnya.

Jadi nanti ganti nomor hp ya ganti di akun juga ShopeePay.

Ubah nomor hp melalui formulir

Ini buat yang tidak buru-buru dan hemat pulsa. Shopee sudah menyediakan formulir online untuk pengajuan pengubaha nomor telepon, bisa diakses disini.

 

Isikan saja data-data yang diminta, klik Berikutnya.

Advertisements

Tahap selanjutnya adalah adalah formulir upload foto KTP dan selfie dengan KTPnya.

Nanti anda akan mendapatkan email notifikasi dari tim support Shopee dalam 24 jam sejak datanya diterima.

Tambahan cerita

Sebenarnya teman menggunakan metode kedua awalnya, tapi dirasa urgent karena ingin bayar tagihan dengan koin (biasa ibu-ibu) akhirnya telepon juga. Ya ga sampai 10 menit lah panggilannya dan sudah kelar teratasi.

Tapi, bukan berarti langsung lancar hasilnya. Benar nomornya sukses diganti ke yang baru. Tapi seluruh kegiatan belanja atau transaksi digital (pulsa, tagihan, dan sebagainya) selalu gagal. Diblokir karena alasan keamanan.

shopee transaksi gagal demi keamanan

Akhirnya kontak ke live chat bantuan pelanggan Shopee di aplikasi. Jawabannya disuruh menunggu saja 1×24 jam, nanti akan normal lagi. Ini cuma masalah sistem Shopee yang salah mengenali ciri-ciri/aktivitas fraud karena penggantian data akun penting.

Singkat cerita, besoknya normal kembali.

Advertisements

Tinggalkan komentar