Cara cek DNS nama domain

Mengubah DNS record dari suatu nama domain memanglah mudah dan yang biasanya menjadi masalah adalah kecepatan propagasi DNSnya. Tapi ada kemungkinan setelah lama menunggu tapi website atau beberapa bagiannya tidak bisa normal penggunaannya adalah disebabkan karena ada masalah pada record DNS yang diisikan.

Masalahnya kita sendiri belum tahu apa yang menjadi faktor penyebabnya, apalagi kalau kita membandingkan dengan apa yang seharusnya diisi tampaknya semua benar. Oleh karena itulah kita memerlukan layanan validasi data DNS untuk nama domain kita, salah satunya adalah DNS Check Tool dari Pingdom.

pingdom-dns-check-tool

Silahkan isikan apa nama domain atau alamat website anda dan klik Test Now, kemudian silahkan tunggu proses diagnosa setiap record (catatan) DNS yang tersimpan dalam domain anda.
pingdom-dns-check-tool-test-finished
Prosesnya tidaklah lama, tapi anda bisa melihat kemajuan proses verifikasinya. Bila tidak ada masalah maka pada setiap kategori akan ada icon bundar warna hijau, kuning bila ada peringatan dan belum masalah, dan merah adalah menandakan adanya masalah. Ya, memang seperti lampu lalu lintas.

Tentu saja bila ada masalah yang berhasil dideteksi akan ada petunjuknya apa penyebabnya, dan dari sini kita bisa memulai proses perbaikannya.

Pingdom juga menyediakan layanan pengujian kecepatan akses website melalui Full Page Test.

Tulis komentar...