Jenis DNS Record

Membuat website atau membeli nama domain pasti anda pernah berurusan dengan DNS record, walau anda dengan mudah dapat mengikuti panduan yang digunakan untuk mengaktifkan situs anda atau agar nama domain anda bisa diarahkan ke IP address tertentu; tapi belum tentu anda paham apa fungsi dari setiap jenis DNS record yang anda tambahkan atau edit.

Silahkan anda cek DNS Editor di cPanel atau pada hosting DNS untuk domain yang anda gunakan sekarang, pasti ada bermacam – macam tipe catatan DNS (Domain Name Service) yang bisa digunakan. Nah… akan lebih baik kalau kita setidaknya memahami beberapa tipe DNS record yang populer digunakan.

cpanel-simple-dns-zone-editor

 

Berikut adalah bermacam – macam DNS record yang sering digunakan beserta keterangan singkatnya:

  • A (Address Record) – Digunakan untuk mengarahkan domain menuju alamat IP. Contoh: utekno.com menuju 127.0.0.1.
  • AAAA (IPv6 Address Record) – Kalau A record untuk jenis alamat IPv4 maka AAAA untuk IPv6 (128bit).
  • CNAME (Canonical Name Record) – Membuat alias dari nama atau alamat domain. Contoh: www.utekno.com menjadi utekno.com.
  • MX (Mail Exchange Record) – Memetakan nama domain untuk penggunaan penerimaan dan pengiriman email.
  • NS (Name Server Record) – Memberitahukan apa nama Name server yang digunakan domain tersebut.
  • TXT (Text Record) – Menambahkan informasi dalam bentuk teks yang bisa dibaca manusia, biasanya digunakan untuk catatan atau verifikasi domain.

Sebenarnya masih banyak lagi yang lainnya, tapi untuk penggunaan normal maka daftar DNS record ini yang paling sering dipakai.

Tulis komentar...