Cara cek informasi nomor IMEI

Kita sudah tahu bahwa nomor IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) adalah kode identifikasi unik dari setiap perangkat telekomunikasi bergerak, jadi baik handphone, smartphone, PDA (kalau masih ada), tablet, gadget dan sebagainya akan memilikinya. Berdasarkan fungsinya kita bisa memastikan apakah IMEI dari handphone yang baru dibeli apakah cocok dengan aslinya, ini langkah awal untuk mencegah kita membeli barang BM (Black Market), palsu, ilegal, atau curian.

Untuk mendapatkan nomor IMEI dari HP anda maka ketikkan *#06# dan akan otomatis muncul jendela informasinya.
handphone-imei-number

Saya sendiri sempat kesulitan mendapatkan detail informasi nomor IMEI dari handphone saya, awalnya memang cuma iseng – iseng saja tapi manfaatnya banyak setelah berhasil. 🙂 Dari beberapa situs yang saya coba adalah IMEI.info yang paling mudah dan lengkap informasinya. Anda cukup mengisikan nomor IMEI yang panjangnya antara 14 sampai 16 digit, kemudian klik Check.

imei-info-check-phone
Hasil pengecekan IMEI akan muncul di halaman baru, anda akan mendapatkan informasi lengkap mulai dari merek, model, spesifikasi hardware dan fotonya supaya mudah dalam membandingkan produknya. Dan memang benar akurat data mengenai handphone saya (Lenovo A369i).
imei-info-lenovo-a369i

Kalau ada data yang dirasa penting tapi tidak ditampilkan maka klik saja Read More dibawahnya dan akan muncul profil lengkap dari perangkat yang menggunakan nomor IMEI tadi.

2 pemikiran pada “Cara cek informasi nomor IMEI”

  1. Selain imei.info, apa imeidb.com juga memang situs resmi buat ngecek imei hp?? Soalx sy cek di imei.info muncul lenovo p90, tp penjualnya di china sana ngecek di imeidb.com munculnya Lenovo K80M. Btw sy beli brg dr china lenovo k80m. Mohon bantuannya. Makasih

    • Halo Yusri, memang sangat disarankan cek pada beberapa tempat mas. Soalnya bisa dipalsu juga kalau niat. Coba disini juga: http://sndeep.info/en

      Anda sudah hitung – hitung nanti pas masuk Indonesia akan kena pajak impor berapa mas? Memang beli barang dari luar negeri bisa lebih murah pas bayarnya dan kadang dapat free shipping. Tapi yang berat itu taxnya.

Tulis komentar...