Cara cek kuota IndiHome

Akhir – akhir ini mulai ramai dibicarakan bahwa IndiHome mulai menerapkan Fair Usage Policy dalam penggunaan internetnya agar kualitas layanannya lebih terjamin dan adil. Masalahnya banyak yang tidak tahu pada konsumsi bandwidth berapa GB hal itu berlaku dan apa yang terjadi kalau sudah lewat dari batasnya.

Anda bisa membaca ketentuan FUP IndiHome disini: http://www.indihome.co.id/faq pada poin 32.

Apakah ada Fair Usage Policy pada layanan IndiHome?

Telkom memperhatikan dan peduli terhadap penggunaan layanan Internet secara tidak wajar (fair usage) sehingga Telkom berhak mengelola penggunaan bandwidth pelanggan agar tetap berkualitas, serta berhak mengurangi kecepatan atau menghentikan layanan IndiHome untuk pelanggan yang penggunaannya tidak wajar. Salah satu contoh penggunaan tidak wajar adalah semua bentuk reselling dari layanan IndiHome.

Keterangan:

  1. Untuk perbandingan, 300 GB setara dengan menonton film kualitas SD selama 1800 jam atau 1200 film. Atau setara dengan nonton film kualitas HD setara 300 jam.
  2. Ketentuan Fair Usage ini berlaku bagi seluruh pelanggan IndiHome Fiber dengan minimal kecepatan 10 Mbps.
  3. Untuk mengecek usage layanan Indihome Klik di sini

Pengaturan Fair Usage paket 10 Mbps, 20 Mbps, 30 Mbps, 40 Mbps, 50 Mbps dan 100 Mbps.

Detail mengenai FUP untuk masing – masing paket internet IndiHome sudah disertakan disana, tapi saya buatkan dalam bentuk tabel agar mudah dipahami.

Jenis paket IndiHomeKetentuan Fair Usage Policy
10 MbpsKuota: 300GB, dikurangi 25% sampai 400GB, setelah itu 40% dari total bandwidth unlimited.
20 MbpsKuota: 500GB, dikurangi 25% sampai 800GB, setelah itu 40% dari total bandwidth unlimited.
30 MbpsKuota: 700GB, dikurangi 25% sampai 1200GB, setelah itu 40% dari total bandwidth unlimited.
40 MbpsKuota: 900GB, dikurangi 25% sampai 1600GB, setelah itu 40% dari total bandwidth unlimited.
50 MbpsKuota: 1200GB, dikurangi 25% sampai 2000GB, setelah itu 40% dari total bandwidth unlimited.
100 MbpsKuota: 2000GB, setelah itu 50% dari total bandwidth unlimited.

Ada juga beberapa paket yang cuma ada secara regional. Setidaknya di Malang ada IndiHome Perintis yang kuotanya adalah 20GB, 50GB, dan 100GB. Yang tipe ini kecepatannya akan turun menjadi 512Kbps bisa melebihi kuota. Oh ya, seluruh FUP baik IndiHome yang biasa dan Perintis berlaku per bulan.

Nah… apakah anda merasakan kecepatan internet anda turun? Bisa jadi sudah kena aturan FUP. Ini bisa dipastikan dengan memantau berapa besar penggunaan bandwidth IndiHome kita sampai tanggal saat ini. Anda tinggal mengakses halaman Usage Info berikut: http://www.indihome.co.id/usage-info. Setelah itu isikan Nama, Nomor Telepon Rumah, Nomor Internet IndiHome, Email, dan Nomor Handphone. Cukup lengkap dan repot aslinya hanya demi mengecek penggunaan internet.

Sumber: Mas Hutomo di Kepanjen, Malang.
Sumber: Mas Hutomo di Kepanjen, Malang.

Kemudian akan muncul periode aktif internetnya, kalau diperhatikan dari masa awal billing (tanggal 1 setiap bulannya) sampai saat dilakukan pengecekanan (tanggal hari ini).

Tulis komentar...