Cara cek nomor resi Saudi Post

Kemarin saya diminta bantuan oleh teman untuk melacak paket yang dikirimkan ke Arab Saudi dari Indonesia menggunakan jasa Pos Indonesia. Karena sudah hampir sebulan tidak ada kabarnya dan si penerima mulai menanyakan membuat teman saya ini cemas akan kondisi paketnya. Karena ini adalah pengiriman keluar negeri maka kantor pos akan menggunakan EMS untuk mengirimkannya.

Seharusnya anda akan mendapatkan sebuah nomor resi dari Pos Indonesia untuk melacak paket anda, anda sebenarnya bisa menggunakannya di situs Pos Indonesia. Tapi kadang kalau sudah meninggalkan tanah air akan lebih lengkap menggunakan sistem pelacakan di negara tujuan, dan misal anda sudah sampai di Arab Saudi maka sudah tepat jika memakai sistem Track and Trace milik Saudi Post.
saudi-post-track-trace

Anda cukup mengisikan nomor resi (tracking number) yang sudah dimiliki dan kemudian klik Submit. Oh ya hilangkan spasi antar karakter, kode yang diharapkan adalah menyambung semua.

Tepat dibawahnya akan muncul tabel Shipment Status yang berisi apa kondisinya, dimana lokasinya, dan kapan terjadinya. Sayangnya tidak ada nama atau identitas penerima, akan lebih baik lagi ada nama petugas yang mengurusnya.
saudi-post-shipment-status

Tentu istilah yang digunakan adalah bahasa Inggris karena saya menggunakan situs Saudi Post untuk internasional dan tidak bisa menggunakan bahasa Arab juga. Kalau anda bingung maka beberapa kode atau status yang dipakai adalah standar dalam pengiriman internasional dan saya pernah membahas arti kode shipment status EMS. Semoga bisa membantu anda.

Oh ya, melanjutkan kasus teman saya ternyata barangnya sudah sampai di Jeddah awal bulan September kemarin, tapi tampaknya salah orang yang menerima. 🙁 Tampaknya harus komplain ke Pos Indonesia atau ke Saudi Post sendiri, semoga saja lancar.

3 pemikiran pada “Cara cek nomor resi Saudi Post”

Tulis komentar...