Cara cek pajak kendaraan bermotor Jawa Timur secara online

Pembayaran pajak kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor merupakan hal yang wajib rutin dilakukan tiap tahunnya, pada dasarnya semakin mahal kendaraan anda maka nilai pajaknya juga semakin tinggi. Kali ini saya membahas cara cek pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur supaya anda sudah siap sedia, karena kadang berapa pajak yang harus dibayarkan akan berubah tanpa kita ketahui sehingga jangan sampai kita membawa uang kurang saat ke Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap).

Jadi untuk kota atau kabupaten di Jawa Timur (Bangkalan, Banyuwangi, Batu, Blitar, Kanigoro, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Caruban, Madiun, Magetan, Kepanjen, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Kraksaan, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Surabaya, Trenggalek, Tuban, Tulungagung) kita bisa menggunakan layanan online untuk mengetahui berapa tanggungan pajak kita.

Daripada kita susah – susah menghitung Nilai Jual Kendaraan Bermotor dan baru mulai menggunakan rumus perhitungan berapa persen pajaknya, belum lagi tambahan – tambahan lainnya maka lebih baik kita gunakan fasilitas cek PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) pada Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur.

Sekarang kita kunjungi halaman Info Pajak Kendaraan Dipenda Jatim, kemudian isikan plat nomor kendaraan bermotor anda (nomor polisi), isikan kode verifikasi (CAPTCHA-nya menggunakan metode perhitungan), dan klik Cari.
dipenda-jatim-cek-info-pkb

Hasil pengecekan pajak kendaraan bermotor akan muncul tepat dibawahnya, dan akan tampil informasi mengenai kendaraan yang dicari.

dipenda-jatim-hasil-cek-info-pkb

 

Anda bisa melihat nomor polisi tersebut memiliki warna apa, tanggal masa berlaku, model kendaraan, merek, tipe kendaraan, tahun pembuatan, nilai PKB, BBN2 (Bea Balik Nama), JR (Jasa Raharja).

Kalau anda berniat mencari siapa pemilik kendaraan bermotor berdasarkan plat nomornya maka tidak bisa menggunakan cara ini karena tidak ada data pribadi yang diberikan. Dari pengalaman banyak orang yang salah paham bahwa bisa memakai layanan ini untuk melacak pelaku pencurian atau tabrak lari.

57 pemikiran pada “Cara cek pajak kendaraan bermotor Jawa Timur secara online”

    • Selamat pagi Tri, sudah coba cek nopol sepeda motor anda melalui situs resmi Dipenda Jatim? Nanti anda akan langsung mendapatkan berapa besar tanggungan pajak anda daripada repot – repot menghitungnya sendiri.

  1. Mohon informasi untuk kendaraan sepeda motor tahun 2015 type baru SE 88 jari-jari , juga type ue11 jpt z 1 dan juga tye 55s jupiter mx kenapa sampai sekarang belum ada tabelnya mohon informasinya kira2 kapan untuk biaya bbn motor baru ini bisa di laksanakan dan ini sudah menunggu hampir 2 bulan seharus nya kan tidak seperti ini terima kasih

    Balas
    • Wah… hal seperti ini lebih baik disampaikan langsung ke Dipenda Jatim mas melalui form kontaknya mas. Sudah coba tanya langsung ke Samsat di Kediri mas? Siapa tahu cuma datanya belum dimasukkan secara online saja tapi di kantornya sudah bisa.

    • Mas saya mau bayar pajak motor dari samsat sumber pucung tapi plat AG dari pada saya jauh ke blitar karna gk ada yg antar.trimah kasih ?

    • Samsat Blitar ada fitur onlinenya tidak mbak? Nanti bayarnya bisa transfer.

      Kalau lewat samsat wilayah lain setahu saya belum bisa.

  2. hasil cek pajak online motor saya pkb: 150.000 bbn2: 100.000 jasa raharja 35.000. tapi pas di samsat bayarnya 200.000 pas. gimana cara penghitungannya??

    Balas
    • Halo Abdul, sayangnya saya sendiri tidak tahu mas. 🙁 Ini layanan cek pajak onlinenya perhitungannya dari sananya mas, jadi kalau berbeda dengan kenyataan di lapangannya sebaiknya komplain langsung ke pihak terkait (Dipenda Jatim).

    • Halo Fajar, biasanya kalau kendaraan baru memang ada selang waktu beberapa bulan baru ada datanya. Saya cuma bisa menyarankan antara menunggu atau melaporkannya ke Dipenda Jatim sebagai pengurus situsnya.

  3. waktu jual beli kendaraan kayaknya terabaikan, selang 6 bulan (waktu pembayaran pajak) pembeli bayar pajak kendaraan namun dia kaget ternyata tahun sebelumnya juga belum dibayar oleh penjual. Tapi setelah dikonfirmasi pembeli ke penjual katanya penjual sudah membayar pajaknya. Apakah mungkin pajak kendaraan bisa 2x terjadi pembayaran?? akhirnya oleh pembeli dibayar Pajak 2015 dan 2016. siapa yg salah?? Trus bisakah kita mengetahui tgl berapa pajak 2014, 2015 dan 2016 dibayar??

    Balas
    • Selamat sore Natan, wah… kalau ini tanggung jawab Samsat/Dipenda Jatim mas. Antara memang penjualnya belum membayar atau pendataannya salah. Coba ditanyakan ke samsat kapan saja dibayarnya atau coba hubungi dipenda jatim melalui halaman kontaknya.

    • Halo Agus, menurut beritanya sih memang ada cara bayar pajak kendaraan motor online untuk wilayah Jawa Timur, tapi saat saya cek alamat situs yang dirujuk: http://www.esamsat.jatimprov.go.id/ tampaknya masih dalam pengembangan. Jadi tidak bisa mas, harus datang sendiri ke samsat.

    • Hallo bos. Saya punya mobil zebra udah telat pajak &telat cek fisik ,.bagaimana caranya kalau cek fisik mobil tidak di bawa ke SAMSAT soalnya mobil nya sering macet ada di bengkel lagi ,rumah jauh ke samsat

  4. Saya baru aja cek….tidak sesuai dengan warna motor…type….masa motor baru kena bbn2…khn blm pernah balik nama ke orang lain….wkwkwk….data motor saya kurang akurat…salah pula….

    Balas
    • Haha… saya juga kadang menemukan data salah didalamnya mbak, iseng ngecek milik teman. Mungkin yang masukkan data terburu – buru sehingga tidak diverifikasi lagi.

    • Halo Sugino, wah pajak mati itu mas. Selain membayar pajak+denda pajak juga harus menghidupkan lagi pajaknya dulu. Bisa kena cukup besar nilainya. Ini umumnya diurus si penjual dulu baru dilepaskan ke pembelinya. Jadi ini tanggung jawab penjual mobilnya mas. Kalau anda benar – benar berminat buat surat pernyataan dulu dan dilengkapi materai dengan penjualnya untuk menjamin pembelian setelah pajaknya selesai diurus.

    • Wah… komplain langsung ke Dispenda Jati mas, saya disini cuma menginformasikan kalau ada caranya cek PKB online. 🙂

  5. saya kmarin habis per panjang pajak n ganti plat baru tgl 11 bln 02 2015 tp sampai skrang belom slsai juga di samsat gresik tlong info ny

    Balas
  6. mau tanyak tahun 2014 kmren sudah bayar pajak sama ganti plat nomor tapi sampai skrg STNK.nya sama samsat lumajang belum di kasik yg asli hanya yg di kasikkan STNK sementara saja sudah 1 tahun saya pakeg STNK sementara mohon infonya lebih lanjut
    trimakasi

    Balas
  7. Gan, apakah panduan di web sesuai dgn di kantor samsat ? dan apakah harga di web it berlaku jg pas ganti plat kendaraan ( sudah 5thn ) ? ato ad biaya tambahan ?

    Balas
    • Halo Suci, awal tahun kemarin masih benar mbak. Tapi kabarnya menjelang akhir tahun sudah naik pajaknya dan data onlinenya tidak ikut diupdate. 🙁 Gunakan sebagai referensi saja, bawa uang lebih pastinya.

  8. Pak maaf saya mau tny saya bli mobil plat jatim bln 7 hrs majakin low dpajakin djateng bs gk ya pak..

    Edit:

    Biaya pajak avanza tahun 2010 bln 7 kira kira brp ya pak..

    Balas
    • Halo Tegar, pindah kota jadinya? Saya kutip dari Divisi Humas Polri mas: https://www.facebook.com/DivHumasPolri/posts/706708072691385

      Syarat dan Tata Cara Mutasi Kendaraan Bermotor

      Syarat Mutasi Kendaraan :
      – BPKB
      – STNK
      – Cek Fisik Kendaraan (bisa dilakukan cek fisik bantuan dikantor cek fisik dikantor Samsat terdekat)
      – Kwitansi Jual Beli (materai 6000)
      – KTP pemilik (daerah yang akan dituju)
      – (Untuk badan hukum ): Salinan akte pendirian + 1 lembar foto copy, keterangan domisili, surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap badan hukum yang bersangkutan.
      – Untuk intansi pemerintah ( termasuk BUMN & BUMD ) : surat tugas atau surat kuasa bermaterai cukup & ditanda tangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap intansi yang bersangkutan.

      Tata Cara Mutasi Kendaraan :

      1. Pertama, Melapor ke Samsat (menurut Plat motor yang terdaftar sekarang).
      2. Langsung ke Bagian Loket Mutasi (menyerahkan BPKB+KTP daerah yang dituju).
      3. Cek Fisik (gesek nomor rangka+mesin) membayar sejumlah biaya.
      4. Kembali ke Bagian Mutasi (menyerahkan FC BPKB+STNK+KTP rangkap 2).
      5. Kebagian Fiskal (membayar sejumlah biaya).
      6. Kembali Ke bagian Mutasi (membayar sejumlah biaya untuk mencabut berkas dari samsat setempat).
      7. Menunggu Berkas keluar dengan waktu tertentu. (mendapat surat jalan sementara).
      8. Setelah Berkas keluar, Lapor ke samsat daerah tujuan. (menyerahkan berkas-berkas yang diterima ke bagian mutasi).
      9. Cek Fisik kembali (gesek nomor rangka+mesin) membayar sejumlah biaya.
      10. Cross Cek ke POLDA setempat. (bila mutasi lintas propinsi).
      11. Kembali ke samsat daerah tujuan (menyerahkan berkas-berkas dan mendapat surat jalan sementara).
      12. Menunggu STNK + Plat No. dengan waktu tertentu.
      13. Setelah sesuai dengan lama waktu yang ditentukan kembali ke samsat untuk mengambil STNK + Plat NOPOL baru. (membayar sejumlah biaya untuk pajak, STNK, Plat No., penulisan BPKB)
      14. Menunggu BPKB yang di-update dengan waktu tertentu.
      15. Mengambil BPKB yang telah di Update.
      16. Selesai.

    • Berapa lama wktu yg ditempuh dlm pengurusan muttasi R2 atas nama sendiri soalnya saya muttasi dr kab Lamongan ke Banyuwangi udah hampir 1 bln data yg di lmg aja blm selesai blm lg besok yg di kantor banyuwangi mohon penjelasannya

  9. Malam.pak mtor sy plat Madiun AE.bln ini sdh samsat 5 thunan dan hrus cek fisik.sedangkan speda mtornya sekrang di BAli.apakah bisa cek fisik dibali terus surat keteranganya dikirim keMadiun brsama STNKnya pak.suwun

    Balas
  10. pak saya kan beli motor bekas tp gak ada bukti jual beli trs nama stnk sama ktp saya kan gak sama, saya msh bisa gak bayar pajaknya pakek ktp saya sendiri?? mohon jawab…

    Balas
  11. Kok dispenda jatim tidak pernah mengupdate NJOP kendaraan bermotor sesuai yg ada dilapangan gk seperti di Jawa Barat dan jawa tengah yg menurut saya sudah pantas NJOP nya. Walaupun selisih sedikit.. Nah ini di jatim mobil lama NJOPnya tetep ja sama kyak mobil Baru Beli. Otomatis PKB gk turun2.. Saran ja buat dispenda jatim untuk mengupdate data NjOp mereka. buat pecinta mobil lama yg pajaknya dulu waktu beli selangit padahal sekarang nilai jualnya anjlok Terasa berat. Dan kemungkinan jadi alasan mereka menunggak pajak coz pajaknya gk wajar. Trims.

    Balas
    • Bukan prioritas mungkin. Dulu pas pertama cek memang akurat, tapi akhirnya toh tetap datang untuk bayar. Mungkin kalau sudah bisa bayar dengan sistem transfer seperti BOJS baru benar semua. 😀

  12. apakh data bayar pajak tahun kmrin bisa d lihat ulang y,cz katanya ad yg dh byr pjk,tp stnk yg d ksihkn dr samsat bkn stnk yg bru tp kliru yg lma,p it mgkn?
    trus ktnya bsknya d cek lg k samsat ktnya blm trdftr klo dh byr pjk,jd otomatis uang hlg&kendaraan mti 1 th.
    krna sy rsa ad yg aneh dsni,kmi d bohongi yg d suruh byr pjk,atau mmg ad kslhn gtu,
    andaikn bs d cek lewat onlin bgmn crnya y,trmksh sblmnya…

    Balas
  13. Saya beli kendaraan melalui Kredit dan kendaraan atas nama perusahaan sesuai perjanjian lisan pada saat itu apabila kendaraan kelak sudsah lunas bisa dibalik nama ke saya & setelah lunas mau saya balik nama ternyata perusahaan itu sulit untuk memberikan keterangan pelepasan kendaraan,, apa yang harus saya lakukan..mohon diberikan solusinya

    Balas

Tulis komentar...