Cara cek pemilik domain Indonesia

Mengecek pemilik nama domain atau website memang bisa menggunakan Whois, tapi ternyata untuk nama domain untuk Indonesia (.id dan ekstensi turunannya) tidak bisa menggunakan layanan whois biasa. Ini yang membuat saya kerepotan karena tidak bisa mengecek ketersediaan nama domain .ID karena ingin membelinya.

Walau beberapa penjual nama domain mendukung pengecekan nama domain dengan ekstensi .id tapi dari pengalaman bisa kurang akurat atau malah error tidak memunculkan hasil apapun. Jadi solusinya sudah jelas kita lebih baik melakukan whois langsung ke PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) yang bertugas mengatur perdomainan di Indonesia.

Cara menggunakannya seperti biasa, pada halaman whois milik PANDI isikan nama domain dan kemudian di sisi sebelah kanan pilih ekstensinya (.id, co.id, go.id, or.id, ac.id, web.id, my.id, biz.id, sch.id, net.id, desa.id, mil.id).? Selesaikan CAPTCHA dan kemudian klik Whois.
pandi-cek-whois-domain
Bila nama domain tersebut sudah terdaftar maka akan muncul data whois beserta identitas pemiliknya.
pandi-hasil-cek-whois-domain
Untuk domain Indonesia memang tidak ada fasilitas Whois Privacy dan karena setiap nama domain saat didaftarkan harus menggunakan kartu identitas (KTP, SIM, Paspor, dan semacamnya) dari pemilik sebagai validasinya maka bisa diasumsikan informasinya adalah akurat.

Tulis komentar...