Cara cek resi Tikindo

Setelah membeli barang lewat toko online yang berada di luar kota tentu akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi, dan apabila penjual tersebut menggunakan jasa Tikindo (Tiki Indonesia) pastikan dulu berapa ongkirnya dan setelah itu minta nomor resi untuk melacak dimana barang anda sekarang.

Anda bisa mengakses sistem Trace & Track melalui halaman utama situs resmi Tikindo atau bisa juga langsung membuka halaman Tikindo Online Shipment Tracing & Tracking. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengisikan nomor resi (POD Tracking number) yang anda dapatkan tadi dan klik Track This!.
tikindo-shipment-tracing-tracking
Hasil pelacakan akan muncul tepat dibawahnya, anda bisa melihat informasi pengirim dan penerima. Mulai dari nama, alamat asal dan alamat tujuan, berat paket, berapa banyak paketnya. Uniknya ada sistem penamaan apa isi paketnya.

Sayangnya status paket tampaknya jarang diisi dengan lengkap, anda bisa melihat pada bagian “Delivery Status Information”. Dan saya juga sudah cek menggunakan nomor resi Tikindo di internet juga hasilnya sama.

Kalau anda ingin mengetahui detail dimana saja, kapan saja dan apa yang terjadi pada paket yang dikirimkan maka seharusnya akan muncul pada bagian “Shipments Tracing” tapi sayangnya tabel database mereka rusak (crashed) dan muncul pesan error “SELECT Error: Table ‘track_delivery’ is marked as crashed and should be repaired”.

Semoga saja lekas diperbaiki, mungkin ini juga penyebabnya kenapa bagian “Delivery Status Information” kosong isinya.

24 pemikiran pada “Cara cek resi Tikindo”

    • Selamat malam Fraswita, pengalaman saya juga serupa. 🙁 Cukup sering layanan tracking Tikindo tidak bisa berfungsi dan kadang hasil pengecekan resinya sendiri error atau tidak lengkap.

    • Aduuhh bnarkah?
      Ade sya jg kmren tgl 19 feb ktanya krim pket.lqt tikindo.sya cek resi ga bisa2.
      Iseng2 googling ko pd komplen yaa
      Jd khwtir brang ga smpe..
      Mna slah tulis nma penerima lg
      Krim k email cs pun ga d bls

  1. Saya selalu kirim paket melalui jasa tikindo selalu sampai biar pun gak bisa di cek biar pun lambat asal selamat .

    Edit:

    Tikindo pengiriman baru bukak maka ya komsumen bayk yg mengeluh padahal pengiriman ini bisa di per caya saya selalu pakek jasa pengiriman tikindo barang saya sampai ongkir a murah…tikindo peramah kalau gak bisa di cek lansung aja telepon pihak kantor tikindo kasih no resi a.bagi saya tikindo aman dan tepercaya………saya sukak kirim barang pakek tikindo….

    Balas
    • Selamat pagi Azizah, wah baguslah mbak kalau layanan Tikindo yang anda rasakan cukup bisa diandalkan. Walaupun sebenarnya saya tidak mengalami masalah parah tapi cukup membuat saya berhati – hati kalau ingin menggunakannya kembali.

      Untuk jasa ekspedisi sebenarnya saya memprioritaskan keamanan dan kecepatan, soal murah itu urusan kesekian. Selisih tarif pengiriman antar jasa ekspedisi untuk barang beberap kilogram cuma beberapa ribu rupiah, karena itu lebih baik memilih yang memiliki reputasi baik daripada nanti disemprot oleh penerimanya kenapa lama.

      Tidak bisa dilacak dengan mudah secara online itu juga masalah lho mbak, pembeli bisa marah – marah kalau tidak ada kabarnya. Sekarang malah jarang jasa ekspedisi tidak memberikan layanan tracking paket, anomali kalau ada. Semoga saja Tikindo meningkatkan kualitasnya dan menambahkan fitur tracking yang bisa diandalkan.

  2. Aq biasa pake JNE, pasti sampai tepat waktu, n 3x ini aq pake jasa tikindo, 2 kali nyampe tepat waktu tp yg terakhir dah 5 hour blm sampai juga, padahal jaraknya lbh dekat, yg jauh aja kemarin aja yg jauh 3 hari nyampe,,,

    Balas
    • Selamat pagi Tri, 5 hari maksudnya? Ya memang Tikindo ini sebenarnya saya tidak mengalami hal yang buruk sih, tapi kalau dari komplain yang ada tampaknya… tidak stabil kualitasnya. Kadang cek resinya pun gagal. 🙁

    • Haha… pengalaman kita idem mas. Kadang ada kadang tidak pelacakannya. 🙁 Sudah dilaporkan kok belum ada perbaikan ya. Jadi tidak tahu ini paketnya memang ada atau servernya yang error.

  3. PDOException (2002)
    SQLSTATE[HY000] [2002] Connection timed out
    Open: /home/k3685875/laravel/vendor/laravel/framework/src/Illuminate/Database/Connectors/Connector.php
    */
    public function createConnection($dsn, array $config, array $options)
    {
    $username = array_get($config, ‘username’);

    $password = array_get($config, ‘password’);

    return new PDO($dsn, $username, $password, $options);
    }
    ERROR pelacakan TIKINDO …. saat ini masih error.

    Balas
    • Iya mas Bedjo, kalau masalah ini ya cuma bisa menunggu Tikindo sendiri memperbaikinya. Entah berapa lama.

    • Nah ya itu mas, masalahnya customer service Tikindo ini juga sulit dihubungi. 🙁 Harus datang sendiri ke agennya untuk menanyakan barangnya kalau ingin cepat.

    • Terimakasih sharenya mas Ruben. Secara keseluruhan memang termasuk beruntung paket saya sampai sebelumnya. Agak lama juga. 🙁

  4. assalamualaikum
    wah sori mas gimana kabarnya dah lama gak nongol di situs ini saya xixixi
    kebetulan saya nemu postingan ini
    saya sampai salah kira ternyata TIKI sama TIKINDO itu beda to astaghfirullah
    pantesan resi tikindo saya cek di situs tiki-online.com gak ditemukan datanya sampai sekarang
    sudah tiga paket saya kirim sampai dua hari belum jelas kabarnya
    bersyukur penerimanya tanggap dan langsung konfirmasi kalau paket saya nyampek tinggal satu yang belum konfirmasi gak tahu gimana kabarnya hiks
    kapok saya mas pakai TIKINDO pake TIKI juga sering telat satu hari pakai ONS selalu dua hari baru nyampek hiks
    selama ini saya gak ada masalah pakai JNE ditrack selalu kelacak, datanya pun akurat, dan kalau YES mesti besok malam baru nyampek meski jauh

    SARAN MENDING PAKE JNE ketimbang lainnya

    Balas
    • Ahaha gimana kabarnya mas? Tampaknya tambah sukses dagangannya. 😀

      Benar mas beda, saya dulu sempat salah juga. Namanya mirip dan bisa menyesatkan kalau ga tahu. Memang kurang lebih pengalama kita serupa mas. Dan saya tidak ingin mengulangi lagi.

  5. wah mas alhamdulillah sekarang nampaknya sistem pelacakan resi tikindo sudah dibenahi
    saya beberapa kali pakai jasa tikindo alhamdulillah nyampek terus
    cara melacaknya ya harus bertanya via email ke [email protected] dan selalu cepat dijawab
    tapi yang kemarin pas saya kirim ke tikindo, nota resi fisiknya sudah beda mas hampir mirip kayak JNE dengan situs resminya di pojok kanan tikindo.co.id atas kalau yang dulu lebih kayak resintya TIKI
    dan kabar baiknya sekarang sudah bisa dilacak di situs http://tikindo.co.id/cek-kiriman-connote.html
    beberapa kali saya cek resi saya 272400003115 (silahkan dicoba) dalam beberapa hari selalu stabil dalam artian pelacakannya selalu tampil di situs itu
    saya harap sistemnya sudah dibenahi mas sehingga lebih memudahkan konsumennya untuk melacak paketnya

    Balas
    • Oh, terimakasih mas Denni buat updatenya. Saya sangat jarang (bisa dihitung dengan jari malah) pakai Tikindo, jadi kabar terbarunya jelas ketinggalan. Syukurlah sudah ada perbaikan kualitasnya.

  6. sepertinya ngk juga, paket dikirim dr tgl 27 Juni 2016 dari Malang menuju Banda Aceh, dan sampai skrg tgl 14 Juli 2016 paket trsbt blm sy terima. wktu saya cb melakukn cek resi, sistem error terus, jd apa benar sdh melakukan perbaikan sistem???

    Balas
    • Halo Nursyidah, semoga saja mbak. Sudah lama sekali saya tidak menggunakan Tikindo, jarang yang mau soalnya. Tahunya ada perbaikan kualitas ya dari laporan yang lain.

  7. pake kilat sehari tikindo lama banget pdhl dr jkarta ke bekasi udh 3 hri blm smpe.. plyananya jelek bngt, apa g tau ap lg urgent bgd mkny pke kilat sehari biaya mhal sma aja kaya reguler kcwaa saya

    Balas

Tulis komentar...