Cara cek tarif pengiriman uang Western Union

Last Updated on Mei 23, 2014

Kebetulan ada teman saya yang menanyakan soal berapa tarif untuk pengiriman uang melalui Western Union (WU). Yah… tentu saja saya tidak tahu karena belum pernah mengirimkan uang keluar negeri menggunakan WU, kalau dalam negeri kan sudah ada Weselpos dan biayanya pun bisa dilihat di situs kantor pos. Untungnya informasi berapa ongkos untuk mengirimkan uang lewat Western Union mudah didapatkan dan memiliki standarisasi biaya tarif transaksi lewat Western Union.

Jadi pertimbangan saya pilihlah lokasi yang paling mudah anda datangi karena semuanya sama saja, mungkin cuma beda di kualitas pelayanan. Saran saya sih kalau nominal uang yang dipindahkan berjumlah besar lebih baik ke bank yang mendukung WU.

Oh ya kalau anda nyasar kesini karena sedang mencari tahu apakah menerima atau mengambil uang melalui Western Union ada biayanya atau tidak, maka saya beritahu kabar baiknya: Selama ini tidak ada ongkos apapun untuk transaksi jenis ini. 🙂

Western Union Indonesia

Situs Western Union Indonesia anehnya tidak memberikan daftar atau tabel tarif pengiriman uang, saya sudah keliling – keliling mencoba seluruh linknya dan tidak ditemukan adanya informasi lengkap mengenai ini. Tapi ada satu yang saya temukan bahwa sedang ada promo biaya pengiriman uang dan tidak disebutkan sampai kapan berlakunya.
western-union-promo-biaya-pengiriman-uang

Pos Indonesia

Lain lagi dengan informasi yang ditampilkan oleh Pos Indonesia, anda bisa mengakses halaman tarif kiriman Western Union untuk melihat tabel harganya. Dari isi dan keterangan tabelnya tampaknya fee untuk pengiriman uang domestik dan luar negeri disamaratakan. Semoga ini cuma salah tulis saja, karena kalau untuk pengiriman uang dalam negeri tarifnya sebesar itu jelas memberatkan.

pos-indonesia-tarif-kiriman-western-union

BII (Bank Internasional Indonesia)

BII juga menyediakan layanan Western Union di banknya, pada tabel yang ditampilkan akan dibedakan Western Union domestik (dalam negeri) dan Western Union internasional (luar negeri).

bii-biaya-western-union

Dari hasil pencarian saya hanya tiga tempat diatas yang resmi dan terpercaya menampilkan daftar harga untuk transfer uang Western Union, padahal kalau dilihat dari website Western Union Indonesia ada banyak sekali tempat yang bisa digunakan. Sebenarnya Bank Mandiri dan Bank Danamon juga mendukung transaksi WU tapi tidak ada informasi lebih lanjut di situsnya, jadi cuma sebatas deskripsi layanan yang ditawarkan. Ini kemungkinan besar karena tarif pengiriman WU dimana saja itu sama cuma masalah kemudahan saja.

Kalau semuanya sama kenapa saya tampilkan lebih dari 1 sumber? Karena bisa malu nantinya kalau datang ke bank dan uangnya kurang untuk membayar ongkirnya. Haha. 😀 Selain itu nanti repot jadinya kalau harus bolak – balik dan antri lagi, buang waktu juga jadinya.

Menurut pendapat saya lebih banyak sumber terpercaya lebih baik, ini untuk memastikan tidak ada perubahan ongkos kirim karena salah satu sumber tidak mengupdatenya. Contoh konkritnya kalau saya tidak mencari informasi mengenai ini mana tahu kita sedang ada promosi biaya pengiriman uang.

51 pemikiran pada “Cara cek tarif pengiriman uang Western Union”

  1. Gan, saya beli barang dari turki 400rb rupiah, fee via WU kena berapa ya?
    Trus disana penjualnya kena biaya admin WU gak nerima uangnya?
    Saya kirim rupiah ke lira bisa gak? Atau otomatis jadi dollar disananya?

    Balas
  2. Mlm mas mau tanya,orang tua saya kan jual rumah yg beli kebetulan orang lg di jerman. Dan dia mau transfer untuk dp sebesar 10jt lalu orang itu minta nomor rekening mandiri namun harus ada saldo 500rb,kalau tidak ada saldo segitu tidak bisa masuk apakah benar terima transferan dari jerman kita yg kena pajek nya dan memang sebesar itu pajek nya???

    Balas

Tinggalkan komentar