Cara cepat mengetahui suatu game dapat dimainkan di komputer anda

Game PC sekarang membutuhkan spesifikasi hardware yang lumayan untuk memainkannya, kalau komputer anda dibuat masih dalam 1 tahun lalu biasanya game terbaru pun tidak jadi masalah. Kalaupun pada PC desktop ada kriteria perangkat kerasnya yang tidak memenuhi anda tinggal mengupgradenya, akan tetapi laptop atau notebook memiliki batasan dibanding komputer desktop yaitu besar kemungkinan hardwarenya tidak bisa diupgrade.
steam-store-sleeping-dogs

Anda sudah mendownload file installer game yang berukuran besar dan memakan waktu lama, kemudian melakukan proses instalasi game yang tidak kalah lamanya. Ternyata game tersebut tidak bisa dimainkan karena hardware anda tidak mencukupi persyaratan minimalnya. Sungguh kesal rasanya, percuma usaha anda sebelumnya untuk memainkan game ini. Maka dari itu sebelum anda lakukan proses download game, setidaknya cari tahu dulu apakah game tersebut bisa dimainkan di komputer anda. Caranya sangatlah mudah, silahkan ikuti saja metode berikut ini.

Membandingkan spesifikasi komputer secara manual

Sebelum mencoba memainkan suatu game tentu anda harus mengetahui terlebih dahulu spesifikasi komputer anda, terutama tipe dan kecepatan CPU anda, kapasitas RAM dan detail dari graphic card. Anda bisa mendapatkan informasi ini dengan berbagai cara, dari anda memang sudah hapal spesifikasi komputer anda, membongkar dan mencatat satu per satu perangkat yang terpasang atau mencari spesifikasi hardware laptop secara online.

Tapi ada cara termudah untuk mengetahui semua informasi mengenai hardware komputer anda. Lebih baik anda menggunakan Speccy untuk melihat data perangkat keras di komputer anda. Aplikasi ini kecil, cepat dan gratis. Jadi tidak ada ruginya anda menggunakan tool ini.

Ada 3 hal utama yang harus anda perhatikan dalam program Speccy:

  • CPU – Kecepatan prosesor, tipe dan generasi prosesor, teknologi CPU, dan berapa core yang dimiliki. Klik pada tulisan CPU untuk detail lebih lanjut mengenai prosesor komputer anda.
  • RAM – Besar kapasitas RAM yang dimiliki. Klik pada tulisan RAM untuk informasi lebih mendetail untuk memori anda.
  • Graphics – Model dari kartu grafis anda dan berapa besar RAM yang dimiliki. Klik pada tulisan Graphics untuk mengetahui spesifikasi VGA anda, monitor yang dipakai kadang juga dikenali disini.

speccy-summary

Berikutnya cari tahu spesifikasi komputer yang diminta oleh game yang ingin anda mainkan. Anda bisa dengan mudah menemukannya di situs pembuat game biasanya. Kalau anda menggunakan Steam dapat anda lihat dengan mudah di setiap bagian bawah deskripsi game tersebut.
steam-game-system-requirements

Bandingkan hasil Speccy atau spesifikasi komputer anda dengan detail spesifikasi diatas, terutama di bagian syarat Processor, Memory dan Video cards. Sekarang anda bisa memperkirakan apakah komputer anda sudah kuat menjalankan game yang anda inginkan.

Membandingkan spesifikasi komputer secara otomatis

Sejujurnya proses secara manual kadang merepotkan, seharusnya komputer bisa membantu anda dengan otomatis bukan?

Untuk mengecek kebutuhan spesifikasi komputer secara otomatis anda bisa menggunakan Can You Run It? Sebelum menggunakan website ini saya sarankan anda menginstall aplikasi desktop System Requirements Lab Detection.

can-you-run-it-desktop

Klik pada tombol Run Detection untuk memulai proses deteksi perangkat keras yang anda miliki. Setelah selesai klik tombol GoTo www.SystemRequiremenstLab untuk kembali ke websitenya, dengan menggunakan cookie khusus untuk identitas hardware anda. Dengan cara ini anda tidak perlu kerepotan menggunakan komponen Java Applet atau ActiveX.

Pilihlah game yang ingin anda mainkan disini dan klik pada “Can You Run It”
can-you-run-it-website
Anda akan diberikan informasi bagaimana kinerja game tersebut di komputer anda dan apakah komputer anda dapat memainkannya.
can-you-run-it-result
Anda bisa cek lebih banyak game lagi bila menginginkannya – tapi jika anda telah membersihkan cookie browser, anda harus mengulangi proses deteksi kembali.

Menggunakan Can You Run It? merupakan cara tercepat dan paling mudah untuk mengetahui apakah komputer anda mampu memainkan game tertentu.

Tulis komentar...