Cara download EPUB dan PDF dari Google Play Books

Terus terang buku-buku di Google Play Books tidak menjadi bahan pertimbangan saat mencari bahan bacaan. Karena di aplikasi Android, kita bisa beli tapi cuma menggunakannya di dalamnya juga. Dimana aplikasi Play Books sendiri kurang nyaman settingannya dibanding FBReader misalnya. Saya sudah memiliki koleksi EPUB dan kalau terpaksa versi PDFnya.

Maka dari itu agak kaget saya pas tahu kalau sebenarnya kita bisa mendownload pustaka buku kita dalam bentuk PDF dan EPUB secara langsung. Jadi bisa dibaca offline atau perangkat lain.

Tapi dengan catatan, tidak semua penerbit memperbolehkan fitur ini. Jadi hanya judul tertentu saja. Dan ini bukan trik unduh file ebook gratis ya, cuma berlaku untuk judul buku yang anda miliki dalam akun.

Cara mendownload EPUB dan PDF dari Google Play Books.

  1. Dalam kondisi login ke akun Google anda, silahkan akses halaman Google Play Books lewat browser disini: https://play.google.com/books
  2. Akan muncul daftar buku yang anda miliki.
  3. Perhatikan di setiap cover/judul buku sisi kanan bawah, ada 3 titik dan klik saja untuk mengaktifkan menu.
  4. Kemudian akan tampil beberapa opsi, yang kita perlukan adalah Export/Ekspor.
  5. Silahkan pilih Export as EPUB atau Export as PDF sesuai yang anda butuhkan. Dan saya ingatkan kembali, fitur ini tergantung penerbit bukunya memperbolehkan atau tidak.
  6. Selesai.

Nanti file PDF atau EPUBnya bisa dipindahkan ke ereader semacam kindle atau kobo, bisa juga di hp/tablet. Bebas.

Mungkin nanti anda akan ketemu pilihan format buku elektronik berbeda yang ditawarkan seperti ASCM. Ini adalah file ebook terproteksi DRM, dan hanya bisa dibaca memakai Adobe Digital Editions.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar