Cara download file menggunakan command prompt

Kasusnya kali ini saya ingin mendownload sebuah file langsung dari command prompt Windows. Jadi tidak perlu browser seperti Internet Explorer atau Google Chrome untuk memulai prosesnya. Ternyata tidak semudah di Linux dengan curl atau wgetnya, dan saya butuh solusi yang telah ada secara default dalam Windows. Bisa dikatakan pada salah satu komputer browsernya tidak berfungsi tanpa penyebab yang jelas.

Disini saya menggunakan Windows 7 dan akan memanfaatkan bitsadmin yang merupakan perintah cmd dari BITS (Background Inteligent Transfer Service) yang fungsinya memang untuk download dan upload tapi bukan sebanding dengan wget.

Format perintahnya seperti ini, saya contohkan dengan mendownload ISO Ubuntu 16.04:

bitsadmin /transfer dl_utekno /download /priority normal http://releases.ubuntu.com/16.04/ubuntu-16.04-server-i386.iso c:\ubuntu_1604.iso

Gantikan dengan alamat link file yang ingin didownload dan akan disimpan dengan nama file apa nantinya.

cmd-bitsadmin-download-file

Anda bisa melihat bagaimana tampilan proses downloadnya pada screenshot diatas, cukup informatif. Yang paling penting kita tahu berapa ukuran filenya (satuannya adalah byte karena itu angkanya cukup besar), sudah berapa besar yang diunduh, kecepatan downloadnya, dan estimasi berapa lama prosesnya selesai.

Oh ya, fitur BITS ini sebenarnya sudah tidak didukung lagi dan rencananya dihilangkan. Tapi setidaknya saya tahu ini di Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8,1, dan Windows 10 masih ada. Misal anda mengalami masalah mungkin alternatifnya bisa pakai PowerShell.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...