Cara download file dari MEGA

MEGA adalah reinkarnasi dari file hosting MegaUpload yang ditutup oleh polisi karena masalah penyebaran materi yang melanggar hak cipta. Sekarang pemiliknya membuat layanan file baru dengan nama yang lebih singkat tapi lebih baik dari sebelumnya.

Walau cara downloadnya tidak ada hal yang aneh – aneh apalagi yang menghalangi seperti survey tapi sistemnya memang tidak standar. Jadi kalau anda mengklik tombol Download to your computer maka akan terlihat proses download akan berlangsung dalam browser.
mega-download-progress

Tapi bukannya browser sedang mendownload seperti biasanya melainkan Mega akan menyimpan filenya dalam browser dahulu, ya secara teknisnya ini menggunakan HTML5 Local Offline Storage. Jadi jangan bingung ketika tidak ditanyakan oleh browser akan disave dimana filenya, dan saat sudah 100% tetap tidak ada tanda – tanda lokasi penyimpanan download.

Nah… sesaat setelah progress barnya menandakan kalau proses pengunduhan file sudah selesai maka akan muncul jendela download pada browser yang anda gunakan. Ini baru proses download file dari Mega.co.nz yang sebenarnya baru berjalan, tapi akan berlangsung sangat cepat bahkan instan karena cuma memindah data yang sudah disimpan browser ke komputer.

Catatan tambahan, kalau di Mozilla Firefox ini akan langsung muncul dialognya, di Google Chrome akan diblokir dengan pesan “[nama_file.ekstensi] may harm your browsing experience, so Chrome has blocked it.”. Jadi kalau anda memakai Chrome untuk mendownload dari Mega saya anjurkan pakai browser alternatif saja atau mengambil secara manual.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...