Cara download link magnet di uTorrent

Pernah menemukan link download suatu file dalam format magnet link? Sekarang ini banyak file yang didistribusikan melalui protokol torrent yang tidak disediakan file torrentnya. Masalahnya bentuk link download magnet ini memiliki format tidak normal dan mirip dengan alamat atau link suatu situs kalau diperhatikan. Bagaimana cara mendownload magnet ini di uTorrent yang merupakan klien downloader file torrent terpopuler ini? Mudah kok, simak saja artikel ini.

Disini saya akan mencontohkan download file yang menggunakan link magnet yaitu ISO dari ArchLinux : magnet:?xt=urn:btih:d8621b178ec96d703fa28d83ad16b87904f8f4d4&dn=archlinux-2013.12.01-dual.iso&tr=udp://tracker.archlinux.org:6969&tr=http://tracker.archlinux.org:6969/announce. Bisa dilihat kalau url magnet ini panjang sekali. Terus bagaimana cara download magnet ini di uTorrent? Buka dulu program uTorrent dan klik File kemudian pilih Add Torrent from URL atau tekan tombol CTRL+U.

utorrent-file-menu

Isikan link magnet tadi kedalam kotak yang disediakan dan jangan sampai anda berpikir diketik, copy-paste-kan saja. Kemudian klik OK.

utorrent-add-torrent-from-url

Link magnet tersebut akan langsung dikenali nama filenya dan dimasukkan dalam proses download uTorrent. Proses selanjutnya adalah mendownload informasi lebih lanjut mengenai torrent tersebut dengan proses “Downloading metadata”, ini memakan waktu yang singkat.

utorrent-downloading-metadata

Selanjutnya file ISO ArchLinux atau file apapun yang anda download menggunakan magnet akan otomatis diunduh seperti biasa.

utorrent-download-archlinux-iso

Kalau anda lebih nyaman menggunakan file dengan ekstensi .torrent untuk didownload maka anda bisa menggunakan layanan konversi magnet link ke torrent.

Tulis komentar...