Cara download RADEON Crimson

Dulu prinsip saya untuk VGA laptop maka drivernya harus ambil dari situs pembuatnya. Misal ASUS, Acer, HP, Lenovo, MSI dan seterusnya. Ini karena dari pengalaman walaupun seri atau tipenya sama dengan yang ada di situs NVIDIA atau AMD tapi tampaknya ada sedikit perbedaan, bisa diinstall tapi sering kurang optimal. Nah sekarang saya baru tahu kalau untuk AMD Radeon disarankan bukan pakai Catalyst lagi tapi Crimson.

Saya memahami RSCE (Radeon Software Crimson Edition) adalah sistem driver dan manajemen graphic card terbaru dari AMD. Nah karena banyaknya tipe dari GPU atau bahkan APU dari AMD ini bisa membuat salah download. Bisa anda cek sendiri disini untuk drivernya: http://support.amd.com/en-us/download

download-driver-amd

Saran saya pakai aplikasi deteksi otomatisnya saja, bisa lewat link diatas pada bagian Automatically Detect and Install Your Driver dan klik Download Now. Atau alternatifnya langsung unduh saja dari sini: http://www2.ati.com/drivers/auto/autodetectutility.exe. Tinggal jalankan saja setelahnya.

Nanti akan otomatis dikenali apa hardware GPUnya, prosesor, sistem operasi dan terutama versi driver yang paling cocok untuk komputer anda. Tinggal download saja dan tidak mungkin salah. Kalau selesai tinggal anda install dan menikmati kemampuan maksimal VGA Radeon anda.

amd-autodetect

Metode ini sangat cocok bagi yang tidak tahu atau yakin seri VGAnya karena metode manualnya cukup banyak pilihan dan bisa membingungkan. Lebih mudah pakai autodetectnya karena sudah diotomatiskan dan terima jadi saja.

Leave a Reply