Cara mendownload Wikipedia

Penggemar informasi dan ilmu pengetahuan pasti sudah mengenal Wikipedia yang menyediakannya secara terbuka dan gratis. Tapi tahukah anda kalau database dari Wikipedia juga disediakan gratis untuk didownload dan bisa anda gunakan secara offline tanpa internet? Wah… bayangkan bisa membaca artikel di Wikipedia tanpa perlu online, anda bisa menggunakannya untuk mengisi waktu senggang dengan menambah pengetahuan dalam perjalanan.

Anda cukup membuka halaman Wikipedia:Database download, dan lihat pada bagian Wikipedia bahasa Inggris karena memang versi ini yang paling banyak isinya dan paling lengkap. Besar filenya pada tanggal 13 Februari 2014 adalah 9.85GB dan bila diekstrak akan menjadi 44GB. Jadi siapkan dulu disk space kosong di harddisk anda sebelum mendownloadnya.

wikipedia-database-download

Format file yang digunakan adalah SQL dan XML, dan anda bisa melihat versi lain dari database Wikipedia yang disediakan downloadnya di halaman English Wikipedia dumps.

wikipedia-english-dump

Sebenarnya juga disediakan database Wikipedia dalam bahasa lain, tapi sayangnya bahasa Indonesia masih belum anda. Tapi kalau anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkao memang lebih baik memilih bahasa Inggris. Oh ya anda memerlukan aplikasi khusus untuk membaca database Wikipedia secara offline seperti BzReader.

Tulis komentar...