Cara format FAT32 pada Windows 10

Advertisements

Saya baru tahu kalau format microSD atau flashdisk di Windows 10 sudah tidak ada opsi filesystem FAT32, adanya cuma NTFS dan exFAT. Bukan masalah besar sebenarnya, tapi untuk beberapa perangkat lama (handphone, kamera digital) kadang cuma bisa normal dipakai kalau external storagenya pakai FAT32.

Setelah mencari solusi kesana kemarin dan ternyata lewat command prompt pun dibatasi akhirnya ketemu ada software yang khusus untuk melakukan format ke FAT32. Silahkan download FAT32Format disini: http://www.ridgecrop.demon.co.uk/index.htm?guiformat.htm

Advertisements

fat32 format

Selanjutnya pasangkan saja USB Flashdisk atau microSD yang ingin diganti filesystemnya. Pilih dalam programnya dalam drive apa, jangan sampai salah tentunya daripada data – data penting anda lenyap semua. Sisanya tinggal menunggu saja.

Oh ya, kalau kapasitasnya diatas 32GB maka bisa pakai aplikasi ini juga untuk format FAT32, Windows tidak bisa soalnya.

Advertisements

4 pemikiran pada “Cara format FAT32 pada Windows 10”

  1. ya kalo yg kecil2 macam flasdisc atau kartu memori kebaca bro…tapi pas saya pasang hardisc 80 giga gak nongol drivenya…padahal drivenya nongol di windows 10…agak repot juga mau bikin hardisc sata PS2 buat mainan anak2 xixixi

    Balas
    • Oalah.. maksudnya diatas 80GB sukses diformat ke FAT32 pakai cara diatas tapi ga kebaca di PS2 ya? Baru nyambung saya.

      Apa memang ukuran maksimal drive yang bisa dibaca PS2 segitu mas?

Tinggalkan komentar