Cara format USB Flashdisk dengan HP USB Disk Storage Format Tool

Sudah umumnya penggunaan USB Flashdisk sekarang sebagai media penyimpanan data seperti file dokumen, video, lagu, game dan sebagainya merupakan hal yang wajar. Selain ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana – mana juga kapasitasnya cukup untuk menyimpan data – data anda. Bahkan flashdisk bisa dibuat bootable untuk menginstall sistem operasi seperti Windows 7.

Kadang ada flashdisk atau harddisk eksternal yang tidak bisa atau susah untuk diformat entah kenapa penyebabnya. Walaupun tool dari Windows sudah tersedia untuk melakukan format media simpan seperti flashdisk, tool kecil dari Hewlett-Packard mampu melakukannya relatif lebih baik.

Anda cukup menjalankan danĀ  HP USB Disk Storage Format Tool akan menampilkan perangkat USB storage yang dikenalinya. Selanjutnya anda perlu memilih filesystem yang akan digunakan seperti FAT32 atau NTFS. Kemudian isikan Volume Label dengan nama perangkat flashdisk yang anda inginkan. Kemudian klik Start untuk memulai proses format hardware USB anda.

hp-usb-storage-format-tool

Lama proses format tergantung berapa besar kapasitas media simpan USB anda, tentu bila yang diformat adalah harddisk maka prosesnya akan lebih lama bila dibanding flashdisk. Tapi menurut pengalaman pribadi proses ini selesai dalam sekejap.

Anda bisa mempercepat dengan memberi centang pada Quick Format, beda format cepat ini dibanding format biasa adalah data yang ada akan ditandai telah siap ditimpa dan dianggap kosong akhirnya oleh sistem – ini yang menyebabkan kenapa proses formatnya lebih cepat, sedangkan format biasa akan menulis ulang data yang ada dengan pola tertentu dan menandai bahwa siap ditulis ulang. Enable Compression hanya akan tersedia bila anda memilih filesystem NTFS, ini akan menghemat penggunaan kapasitas flashdisk anda karena file yang ada akan dikompresi.

Anda juga bisa membuat bootable flashdisk dengen memberi centang pada “Create a DOS startup disk” asal telah menyiapkan file untuk sistem operasinya kemudian isikan folder file tersebut pada kotak dengan label “using system file located a”, jadi proses membuat bootable flashdisk ini tidak otomatis. Lebih baik anda menggunakan tool asli dari Microsoft bila anda ingin membuat installer Windows 7 di flashdisk.

24 pemikiran pada “Cara format USB Flashdisk dengan HP USB Disk Storage Format Tool”

    • Halo mas Achmad, boleh tahu apa yang sudah mas lakukan dan tidak bisanya seperti apa? Karena kecuali kalau USB Flashdisknya rusak mestinya tidak ada masalah dalam menggunakan HP USB Disk Storage Format Tool.

    • Kemungkinan besar flashdisk masnya ini memang sudah rusak jadi memang ga mungkin untuk diformat. Sudah dicoba checkdisk?

    • Selamat pagi Stenly, itu berarti flashdisknya sudah tidak dikenali Windows. Ini berarti ada kerusakan pada USB flashdisk anda, dan biasanya secara fisik. Solusinya ya… terpaksa beli baru lagi mas.

    • Halo Dicky,

      Volume Label itu nama yang diberikan sendiri untuk USB Flashdisknya, cuma kosmetik saja kok tidak ada hubungan dengan fungsinya. Apalagi sejak Windows 7 tidak pernah ditampilkan lagi apa nama flashdisknya di Windows Explorer.

    • Halo Suratni, bisa dituliskan apa pesan errornya? Takutnya karena flashdisknya sudah rusak atau tidak dikenali.

    • Selamat malam Andri, berarti Harddisk atau Flashdisknya sudah ada kerusakan fisik jadi proses formatnya ngehang.

  1. Saya sdh coba apa yg seperti mas sarankan, semua sesuai dengan petunjuk bahkan sdh saya ulang, tapi kok flasdisk belum bener2 kosong, masih ada kira2 64 mb.
    Keterangan tambahan, itu flashdisk dulu sempat buat media install PC

Tulis komentar...