Cara install plugin WordPress

Menambahkan kemampuan atau fitur baru dengan cepat dan mudah adalah kelebihan dari WordPress. Kalau anda merasa ada yang kurang maka jangan khawatir (biasanya) pasti ada pluginnya yang cocok dengan kebutuhan anda. Memang tema dan plugin WordPress jauh lebih banyak dan lengkap dibandingkan CMS lainnya.

Ada beberapa cara menginstall plugin di WordPress , yang termudah adalah melalui integrasinya dengan repository plugin WordPress.org karena dari dasbor administrasi situs WordPress kita sudah bisa mencari dan memasangkannya. Alternatifnya adalah secara manual, dan jarang biasanya kita membutuhkan metode ini, dan biasanya plugin WP berbayar yang membutuhkan metode ini. Tapi akan saya jelaskan keduanya.

Install plugin dari WordPress.org dari dasbor

Silahkan akses menu Plugin pada sidebar dan pilih Add New (Tambah Baru), dan akan muncul berbagai macam daftar nama plugin dalam beberapa kategori (Andalan, Populer, Disarankan, dan Kesukaan). Semua plugin yang ditampilkan disini adalah gratis. Anda bisa langsung menginstall pluginnya dari halaman ini atau bila anda ingin mencari plugin tertentu maka gunakan form pencarian.

wordpress-tambahkan-plugin

Setelah anda menginstallnya jangan lupa untuk mengaktifkan plugin dan minimal melihat setting default. Ini untuk memastikan kalau plugin tersebut memang bekerja.

Install plugin WordPress dari file ZIP

Kalau anda membeli sebuah plugin WordPress premium maka biasanya cara inilah yang akan digunakan. Silahkan buka halaman tambah baru plugin seperti diatas dan klik Upload Plugin (Unggah Plugin). Nanti silahkan pilih file ZIP yang berisi plugin WordPress, dan klik Instal Sekarang.
wordpress-unggah-plugin
Silahkan tunggu proses upload file selesai dan anda bisa langsung mengaktifkannya.

Lainnya

Sebenarnya ada cara lain yang lebih manual lagi yaitu melalui FTP ke akun web hosting anda, silahkan akses direktori wp-content/plugins dan isikan folder plugin disana, WordPress akan otomatis mengenali isinya.

Tulis komentar...