Cara masuk ke BIOS

BIOS (Basic Input Output System) merupakan software dalam motherboard yang berinteraksi langsung dengan hardware dan bertugas memantau kondisi komputer juga sekaligus mengatur settingnya. Sebenarnya cukup jarang kita berurusan dengan BIOS (atau generasi berikut UEFI: Unified Extensible Firmware Interface) karena secara default sudahlah bisa digunakan dengan lancar, dan walau kalau kita terpaksa mengaksesnya ini biasanya karena ada masalah yang membuat kita harus membukanya.

Bagi pemula atau pengguna komputer biasa maka pada umumnya kesulitan masuk ke BIOS, selain tidak tahu harus melakukan apa juga kadang tidak jelas mulai kapan harus dieksekusi perintah – perintahnya. Kalau anda takut atau bingung dengan bagaimana cara masuk ke BIOS komputer anda maka tenanglah, sekali anda bisa dijamin selanjutnya biasa.

Biasanya pembuat BIOS yang cukup populer digunakan ada 2: AMI BIOS atau Award BIOS dan keduanya memiliki cara tersendiri untuk mengaktifkannya dan sama mudahnya.
ami-bios-cmos-settings-wrong

Bagaimana cara mengakses BIOS di komputer anda? Saat anda hidupkan PC atau laptop anda maka akan muncul logo merek motherboard atau laptop, disini anda harus memperhatikannya. Setelah itu segera tekan tombol F2 atau Delete, salah satu saja dan bisa ditekan berulang – ulang sampai berhasil masuk dengan sukses.
asus-bios

Seharusnya kalau sudah berhasil maka anda akan disambut layar biru (kalau UEFI kadang ada tema gambarnya) berisi spesifikasi hardware yang terdeteksinya dan banyak konfigurasi perangkat keras yang terpasang dalam komputer anda. Sangat gampang dan cepat bukan? 😀 Jika sampai masuk loading Windows maka anda sudah terlambat menekan tombol diatas. Selesai!

Tulis komentar...