Cara masuk recovery Samsung

Ceritanya saya mengganti tablet lama saya (Huawei dTab d02H/Mediapad M2 8.0) ke tablet bekas lagi Samsung Galaxy Tab S2 8.0. Yang merupakan upgrade baik dari segi performa dan layar AMOLED. Tapi kasusnya sama, versi Androidnya termasuk “jadul”, yakni maksimal 7.0 Nougat.

Karena sebaiknya sistem operasi itu yang terbaru, minimal security updatenya lah. Maka saya berusaha menginstall custom ROM, dan tentu saja perlu akses ke recovery Samsung dalam prosesnya. Dan hal ini adalah hal yang mudah karena hampir semua tipe handphone/tablet Samsung sama langkah-langkahnya.

Cara masuk recovery Android Samsung

  1. Matikan perangkatnya. Tahan tombol Power.
  2. Tekan dan tahan tombol Power, Volume Up/Atas, dan Home secara bersamaan.
  3. Saat menyala silahkan dilepaskan. Kalau berhasil masuk ke mode recovery Samsung bisa muncul pesan teks SET WARRANTY BIT: RECOVERY, sekilas saja.

Apa yang bisa dilakukan dalam recovery Samsung? Yang unik dan biasanya dipakai adalah melakukan offline update Android dari file, menghapus partisi atau cache, dan tentunya hard reset. Agak terbatas memang kalau masih pakai recovery Android bawaan Samsung.

Tapi kalau sudah berhasil memasang custom recovery seperti TWRP maka akan lebih banyak lagi fitur-fitur penting yang bisa dipakai. Seperti backup ROM keseluruhan, cocok buat berjaga-jaga sebelum utak-atik. Juga tentunya, melakukan flash custom ROM ke gawai anda.

Satu pemikiran pada “Cara masuk recovery Samsung”

Tulis komentar...