Cara melacak lokasi perangkat Android

Resiko kehilangan handphone selalu ada, apalagi kalau harganya jutaan dan merupakan tipe yang terbaru. Kalau tidak dijaga cukup sesaat saja ada kemungkinan sudah dicuri orang (saya sendiri pernah menyaksikannya di depan mata orang banyak). Untungnya untuk menggunakan fitur – fitur tertentu di Android seperti Google Play Store mengharuskan anda memiliki akun Google dahulu, dan ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui lokasi perangkat Android anda – baik hilang maupun tidak.

Syaratnya anda bisa memanfaatkan fitur melacak posisi Android anda adalah fungsi Location access di Settings (Pengaturan) sudah diaktifkan. Kalau tidak salah ini sudah default aktif karena kadang digunakan oleh beberapa app yang membutuhkan lokasi anda sekarang.

Jadi sebenarnya Google juga mencatat (perangkat Android) anda sedang berada dimana dan kapan terjadinya, dan ternyata informasi ini juga bisa dengan mudah diakses. Tidak perlu menginstall aplikasi apapun. Akurasi cek lokasi ini juga tergantung penyedia kartu jaringan telepon dan data Wi-Fi yang ada, kadang GPS tidak digunakan sehingga terbatas informasinya.

Anda perlu login dahulu ke akun Google yang anda gunakan di handphone Android yang hilang tersebut. Jika sudah langsung saja akses halaman Location history di Google Maps untuk mengecek posisinya saat ini.
google-maps -location-history

Secara default akan muncul satu titik di peta yang muncul, ini adalah lokasi terakhir dan terbaru dari Android device anda. Kalau anda membutuhkan riwayat atau kemana saja perangkat anda dibawa sebelumnya maka klik saja tanggalnya pada kalender di sisi sebelah kiri. Anda bisa melihatnya dalam jarak 1 hari atau lebih, dalam gambar adalah 1 minggu (7 hari).

Garis merah menunjukkan rute perjalanan dari handphone anda, kalau mau tahu dimana tepatnya posisi itu klik saja iconnya dan akan muncul beserta waktunya secara detail.

Anda bisa mengakses halaman ini dari browser di Android untuk melihat berada dimana saja dan kapan saja lokasinya, walau tidak etis karena melanggar privasi anda bisa gunakan untuk memata – matai kegiatan pasangan atau pacar anda. Sebaiknya jangan dilakukan saran saya.

3 pemikiran pada “Cara melacak lokasi perangkat Android”

    • Butuh tips mas?

      Supaya lokasinya tidak melenceng jauh:
      1. GPS jangan dimatikan.
      2. WiFi walaupun tidak tersambung kemanapun harus hidup.
      3. Kalau ada Google Maps disarankan membuat offline map.

Tulis komentar...