Cara mengubah default lokasi penyimpanan di Android

Pada Android maka secara defaultnya setiap data atau file akan disimpan dalam Internal atau Phone Storage. Karena kapasitas media bawaan handphone jelas terbatas maka SD card adalah solusi termudah dan terbaik dalam meletakkan seluruh data anda. Sehingga dengan mengubah lokasi media penyimpanan default akan ikut juga mengatasi masalah “Low on space” atau “Low disk space” yang muncul pada Android.

Beberapa aplikasi seperti Android Camera menyediakan opsi untuk menentukan kemana akan disimpan data atau filenya, tapi ini tidaklah pasti ada. Nah… sebenarnya kita bisa mensetting supaya Android menggunakan media selain internal memory untuk menyimpan hampir seluruh datanya.

Bagaimana caranya? Silahkan bukan Settings (Pengaturan) dan pada bagian Device tap pada Storage.
android-settings

Anda akan menemukan opsi Default Write Disk, ubah opsi yang aktif dari Phone Storage menjadi SD card.
android-storage-settings-default-write-disk

Selesai! Sekarang setiap aplikasi akan (berusaha) diinstall dalam SD card, setiap data atau file baru yang bisa disimpan dalam SD card akan menggunakannya juga. Ini termasuk hasil download, foto, video, musik, dan banyak lagi. Kalau ada app yang masih berada dalam internal storage maka anda bisa mencoba ikut memindahkannya ke SD card.

Oh ya, saya sarankan anda mengecek opsi ini setiap kali setelah mematikan handphone atau tablet Android anda, kadang akan terkena reset dan kita harus mengkonfigurasikannya kembali. Setidaknya itulah yang terjadi pada Lenovo A369i (Android 4.2.2 Jelly Bean) milik saya.


Update 15 Desember 2015.

Cukup sering pertanyaan yang masuk adalah mengenai kenapa di handphonenya tidak ada opsi seperti tutorial diatas. Apa ada solusinya?

Nah… pertama saya ingatkan dulu bahwa tulisan ini dipublikasikan pada tahun 2014, jadi wajar kalau ada perbedaan dengan waktu sekarang.

Kemudian saya sampaikan kabar buruk, fitur mengganti default storage sudah dihapuskan oleh Google sejak Android 4.4 Kitkat. Jadi ini sudah resmi dari sananya tidak bisa dilakukan. Bisa anda baca diskusinya disini: https://groups.google.com/forum/#!msg/android-platform/14VUiIgwUjY/UsxMYwu02z0J

Sekarang sangat tergantung apakah pabrikan pembuat handphone anda mengikutinya atau mengaktifkannya sendiri. Seperti di ASUS Zenfone 5 saya yang juga Kitkat pada setelannya bisa diatur agar aplikasi diinstall pada SD card, tapi untuk data tidak bisa.

alcatel-flash-plus-default-storage

Tapi di Alcatel Flash Plus (gambar diatas) sama Kitkat juga ternyata fitur default storage ini dikembalikan lagi. Jadi hal ini sangat bergantung si pembuat mau mengikuti aturan Google atau tidak.

Kesimpulannya setelah Android Kitkat (4.4) dan yang terbaru sangat besar kemungkinan sudah tidak bisa lagi. Solusinya ya terpaksa root gadgetnya, gunakan aplikasi seperti Link2SD atau AppMgr untuk memindahkan data aplikasi ke microSD card, atau bisa juga metode USB Debugging.

Semoga lebih jelas latar belakang bisa tidaknya default write disk ini pada gadget Android anda.

383 pemikiran pada “Cara mengubah default lokasi penyimpanan di Android”

    • Sama saja mas. Fitur ini sudah dihilangkan sejak Android KitKat oleh Google. Kalaupun anda berarti diberikan oleh pabrikannya seperti Alcatel diatas.

  1. bang,saya pakai hp samsung v. ini saya donload aplikasi pas memasang malah muncul pemberitahuan kalau apk tidak bisa disimpan di sd card,, ini cara ngubah nya kayak mana ya. trmkash

    Balas
  2. kak di hp ibu saya tipe advan, gabisa nih ka gaada pengaturan default penyimpanannya. Jadi SD Card nya itu masih kosong.. Gimana ya ka?

    Balas
    • Memang dari Google sudah dihapuskan fitur ini sejak Kitkat mbak.

      Kalau mau ada, ini tergantung pabrikannya mengembalikan fiturnya. Tidak bisa dipaksa ada.

  3. Saya pake samsung tab a6 lolipop
    Ram 1,5 gb sejak pertama beli bru instal 3 aplikasi
    Tpi kok tiap d cek ramnya udah terpakai 677mb
    Kok bsa gtu ya mas?
    Trus cara mindahin aplikasi ke sd card gmna

    Balas
    • Androidnya jangan lupa mas, kan perlu memori juga.

      Sebenarnya malah bagus kalau digunakan, tambah enteng nanti karena semuanya dimuat dalam RAM.

  4. Kak…mengapa kalo pas save foto atau video di kartu memory sering muncul tulisan tidak bisa save di sd card karena lokasi penyimpanan default di ubah ke memory perangkat..
    Untuk samsung j3 kak.

    Balas
    • Aplikasinya tidak hak tulis ke SD card tampaknya mbak. Mungkin bisa dicek di Settings > Application dan cek permissionsnya dibolehkan apa saja.

  5. Mas kalo di lenovo s60 saya pas defaultnya pindah ke external, memory yg kemakan tetep yg internal jadi sd card sisa banyak terus anehnya dengan sisa internal 600 mb itu udah tidak bisa download aplikasi karena penuh tapi kemaren saya kembaliin defaultnya ke internal, sisa 180 mb masih bisa download.
    Kacaunya lagi, sekarang tulisan “move app” menghilang dari setting app.
    Mohon pencerahan mas

    Balas
    • Itu karena setting dari pembuat aplikasinya yang melarang ditempatkan di sd card mas.

      Soal kapasitasnya, memang tidak bisa digunakan sampai habis.

  6. Bang , hp gua samsung galaxy tab a6 , nih gimana cara pindah / ganti lokasi penyimpanan ke sd card ?
    Di gua kgk ada pilihan kyk gambar di atas

    Balas

Tinggalkan komentar