Cara melakukan clean boot Windows

Clean boot Windows merupakan langkah dasar dalam menentukan apa penyebab masalah atau kerusakan yang dialami. Dengan melakukan boot bersih ini kita dapat mempersempit kemungkinan penyebabnya dan menentukan solusinya dengan lebih akurat. Jadi pahamilah apa sebenarnya yang dimaksud clean boot dan cara melakukannya di Windows.

Aslinya clean boot di Windows tidaklah sulit, anda hanya perlu menjalankan run command, kemudian ketikkan msconfig dan tekan ENTER. Sebelumnya pastikan anda memiliki hak administrator atau menggunakan user account admin. Sedikit catatan disini saya membuat panduan berdasarkan Windows 7, untuk jenis Windows lainnya harap diadaptasikan.
windows-7-run-msconfig

Jendela System Configuration akan terbuka, pada tab General ubah opsi ke Selective startup dan pastikan hanya ada centang pada Load system services, hilangkan centang pada Load startup items.

windows--system-configuration-general

Kemudian pindahkan tab ke Services, berikan centang pada Hide all Microsoft Services. Maka seluruh layanan non-Microsoft akan muncul, matikan semuanya. Klik Apply dan restart komputer anda.

windows--system-configuration-services

Apa guna Clean boot ini? Dengan menggunakan clean boot maka anda bisa melihat apakah masalah yang anda alami dikarenakan software atau program lain yang konflik. Karena yang aktif hanyalah layanan sistem operasi maka kita bisa langsung menentukan apakah Windows atau bukan penyebabnya. Kalau error tersebut masih muncul walau menggunakan clean booting maka penyebabnya bisa Windows, kerusakan hardware, atau drivernya yang bermasalah.

Tulis komentar...