Cara melaporkan SMS Penipuan

Pesan SMS berisi kabar bahwa kita telah memenangkan hadiah undian yang fantastis (walau tidak pernah merasa berpartisipasi), teman atau saudara yang sedang dalam kondisi darurat dan butuh uang dalam waktu cepat, informasi berisi nama dan nomor rekening bank untuk ditransfer dananya, dan apabila anda pernah menjual barang online maka akan ada usaha menipu dengan menyatakan sudah cocok harganya dan dilanjutkan melalui media lain (pengalaman pribadi memasangkan iklan jual mobil milik teman). Saya yakin anda pernah mengalaminya juga.

SMS – SMS ini memang tujuannya adalah menipu kita, dan kalau tidak awas maka besar kemungkinan bisa menjadi korbannya tanpa disadari dengan iming – iming rejeki. Apalagi disaat kita membutuhkan uang.

sms-penipuan-tri-hadiah-undian-mobil

Cara melaporkan pesan SMS penipuan untuk semua operator

Bagaimana cara melaporkan SMS penipuan ini? Sementara ini baru ada 3 operator telekomunikasi seluler Indonesia yang memberikan jalur resmi untuk penanganan SMS penipuan:

  • Telkomsel (Simpati dan Kartu As)
    Format SMSnya: Penipuan#nomor_pengirim#isi_pesan_penipuan, dan kirim ke 1166. Contohnya: Penipuan#082236433216#Slmt No Anda m-dpt Hadiah dr PT.M-KIOS EDISI THN 2015. Berkat isi ulang Cek Rp.27jt Pin:94ad653 Ketik:NAMA#No.Rek#Nama Bank#kirin ke: 082140593345.
  • Indosat (IM3, Mentari dan Matrix)
    Format SMSnya: SMS nomor_pengirim isi_sms_penipuan, dan kirim ke 726. Misalnya: SMS 082236433216 Slmt No Anda m-dpt Hadiah dr PT.M-KIOS EDISI THN 2015. Berkat isi ulang Cek Rp.27jt Pin:94ad653 Ketik:NAMA#No.Rek#Nama Bank#kirin ke: 082140593345.
  • XL Axiata
    Anda bisa langsung memforward (dikirim ulang) SMS tersebut ke nomor 588.
  • 3 (Tri)
    Menghubungi customer care di nomor 123 atau email ke [email protected]
  • Smartfren
    Menghubungi customer care di nomor 888 atau mengisi formulir Layanan Konsumen.

Untuk operator lainnya tampaknya belum ada sistem pelaporan yang serupa, jadi kita hanya mengadukannya melalui email atau formulir hubungi kami di situs resminya.

sms-penipuan-telkomsel-transfer-bank-bri

Penasaran darimana penipu – penipu ini mendapatkan nomor hp kita? Mereka tidak ngawur kok mengirimnya, ada resiko nomor tidak aktif kalau hanya asal mengirimkan. Mereka ternyata membeli nomor telepon aktif dari para penjual pulsa. Biasanya saat kita membeli pulsa elektrik akan dicatat kan nomornya?

Ciri – ciri SMS Penipuan

Ciri – ciri penipuan semacam ini yang paling kelihatan sebenarnya adalah mereka mengatasnamakan perusahaan, seperti Bank atau operator telekomunikasi Indonesia. Tapi perhatikan nomor pengirim asalnya, karena pesan yang asli akan menggunakan nomor cantik yang cuma 3-4 digit atau langsung menggunakan nama, jadi bukan menggunakan nomor biasa.

Faktor lain yang penting adalah kadang ada yang mencantumkan alamat website untuk informasi lebih lanjut, dan mereka ternyata menggunakan berbagai macam pembuat situs gratis. Ini bisa blogspot.com, jimdo.com, weebly.com, wordpress.com, webs.com, dan lain sebagainya. Kalau anda ragu harap dicari dulu di Google situs resmi perusahaannya, jangan langsung diakses.

Hal seperti ini jelas merugikan kita sebagai pelanggan, selain membuang waktu juga ada resiko orang lain juga terkena modus penipuan yang sama. Karena itulah kita sebagai penerima SMS tipu – menipu ini sebaiknya secara proaktif melaporkan ke pihak terkait supaya segera dilacak dan minimal nomor handphone tersebut diblokir sehingga mencegah jatuhnya korban lebih banyak lagi.

Semoga bermanfaat. 🙂

5 pemikiran pada “Cara melaporkan SMS Penipuan”

    • Sebaiknya dilaporkan lewat jalur resminya mbak. Memang sulit mencegahnya, tapi kalau banyak yang melaporkan kasusnya nanti akan dilacak oleh kepolisian.

  1. Saya udah Kena tipu juga 1050.000 baru kemarenn. Harus di lapor kan ki pihak berwajib ni. Saya bner” sudah ktipu ini nomernya +6285823834447

  2. Saya sudah kena tipu hampir 4 jt lebih kemaren lusa saya mendapatakan sms bahwa saya mendapatkan uang 100 jt setelah itu saya sudah mengikuti prosedurnya dan katamy harus mentrasfer 7 jt 900 rupiah untuk bisa mengirimkan uangnya kata org yg menipu saya kalau tidak mengirim uangnya saya di lpor polisi tapi saya menunggu ternyta dia tidak memanggil polisi bner”saya di rugikan di sini mka dari itu saya minta tlg kpada pihak yg berwajib untuk menangkap org yg sudah menipu saya, saya bnr”di tipu tlg di selediki lebih lanjut. ini nomer yg sudah menipu saya +6282293789439 tlg segera di tangkap yha saya mohon bantuannya

Tulis komentar...