Modus penipuan barang kiriman dari luar negeri

Seperti biasa saya diminta bantuan oleh pengunjung blog untuk menjawab pertanyaannya, dan saat itu yang masuk adalah mengenai cara cek paket yang dikirimkan menggunakan jasa ekspedisi Rex International Service. Saya pikir ini ada hubungan dengan Rex Indonesia tapi ternyata bukan, bahkan hasil pencarian di Google bisa dikatakan minim.

Dari pengalaman yang dibagikannya saya baru tahu ada sistem penipuan semacam ini. Saya himbau agar waspada saja saat berkenalan dengan orang asing, apalagi kalau sudah kirim-kirim hadiah.

Awal mula ceritanya

Berikut adalah isi email yang dikirimkan beserta foto dari resi yang ingin dilacak:

Selamat pagi,,
Saya [anonim], tanggal 19 Agustus teman saya dari London mengirim paket untuk saya tapi sampai hari ini saya belum juga menerima paket tersebut padahal saya sudah transfer clearance fee.
Berikut saya sertakan Airway Bill.
Terimakasih

rex-international-service-airwaybill

Setelah korespondensi yang berlanjut setelah email ini, saya mendapatkan informasi bahwa yang bersangkutan berkenalan dengan seseorang di London melewati jejaring sosial (Facebook), dan temannya ini ingin memberikan hadiah yang cukup wah berisi Samsung Galaxy, ponsel BlackBerry, laptop Apple (MacBook), iPhone 4, berlian, tas wanita, parfum, harta keluarga dan semacamnya. Sungguh rejeki besar kalau dilihat – lihat apa pemberian teman baru ini.

Setelah ia dikabari bawah barangnya sudah dikirimkan ke Indonesia menggunakan jasa ekspedisi Rex International Service tidak lama kemudian nomor handphone anda akan dihubungi oleh jasa ekspedisi bernama Cella Cargo di Batam, Indonesia yang akan mengabarkan kalau barang tersebut sudah sampai. Kabar gembira tentunya.

Tapi anda akan diberitahu juga bahwa ini perlu membayar tebusan, dan nominalnya bervariasi tapi dari si sumber mencapai total 16 juta rupiah (6 juta untuk clearance fee, dan 10 juta untuk free money laundry certificate). Kalau dibandingkan dengan apa isi paketnya tentu masih untung besar. Tapi disinilah letak penipuannya karena barang yang dikatakan tersebut tidak akan diteruskan ke anda, bahkan saya berani bilang memang tidak pernah ada atau terjadi.

Dari hasil pencarian saya malah menunjukkan ini adalah salah satu modus penipuan menggunakan pengiriman luar negeri. Nama ekspedisi yang digunakan pun bisa berlainan, tapi intinya sama. Sebelumnya saya sempat terpikir bahwa barangnya tertahan bea cukai.

Saya salut terhadap korban yang sudah melapangkan dada terhadap kejadian ini, dan semoga mendapatkan rejeki yang lebih baik di kemudian hari.

Mungkin juga kurang sesuai kalau saya memberikan nasehat karena saya sendiri pernah mengalami kasus penipuan online, tapi kalau dipertimbangkan hal inilah yang membuat saya menjadi lebih berhati – hati dalam setiap transaksi atau hadiah tidak terduga.

Sebagai penutup ada satu kutipan yang saya kira cocok untuk situasi ini: “If it’s too good to be true, then it probably is.“. Kalau terlalu bagus apapun tawarannya anda harus waspada.

Cerita lagi di tahun 2021

Kak saya mau tanya. Apakah benar ini penipuan?

Saya kenal seseorang bernama A yg tggl diluar negeri dr situs internet. Dan dia bilang mau kasih hadiah berbagai macam barang yg tidak dia sebutkan, tapi diantara ada uang tunai katanya.
Saat barang sampai ke Indonesia saya ditelp dan diminta membayar 10jt untuk administrasi, saat saya minta kwitansi pembayaran mereka bilang akan dikirim beserta barangnya nanti.
Setelah saya bayar mereka menghubungi Saya tapi hanya lewat “SMS” yg ktnya setelah melakukan scanning mereka menemukan sejumlah uang dlm paket saya, dan saya harus membayar denda sebesar 30jt.
Saat saya tanyakan ke pengirim bahwa benar dia menyelipkan beberapa lembar uang dlm paket. Tapi saya tidak punya bukti apapun untuk membuktikan. Lalu dia kirimkan bukti kwitansi ini. Apakah ini asli atau bukan? Dan ini pertama kali bagi saya. Mohon bantuannya kak..??

Ada email yang baru masuk dari saudari M menanyakan hal ini beserta lampiran foto (tidak saya tampilkan disini karena ada identitas pelapor).

Nama dan negara asal pengiriman adalah Korea Selatan, menggunakan kurir “FCL” tapi alamat asalnya di invoice adalah di Inggris. Ini jelas janggal.

Ya, sayangnya ini juga penipuan.

Informasi penting

Mohon Bapak/Ibu menahan diri untuk urusan apapun yang berhubungan dengan transfer uang. Bea cukai maupun ekspedisi di Indonesia tidak pernah meminta itu, dan ini bukan prosedur resmi.

Setiap biaya yang muncul hanya dibayarkan apabila di tempat, seperti ke kantor resminya sekalian ambil paket atau saat paketnya diserahkan di rumah. Jadi harus tatap muka. Istilahnya COD.

Kalau ragu, bisa cek berbagai macam saluran customer care bea cukai. Bisa lewat Facebook, Twitter, Instagram, Email, Telepon atau Livechat. Sesuka anda lewat mana yang paling mudah.

Tapi kalau sudah terlanjur mengirimkan uang, mohon maaf tidak ada solusinya kecuali ikhlas. Tapi anda bisa laporkan nomor rekening banknya ke sistem blacklist milik pemerintah: https://cekrekening.id/

428 pemikiran pada “Modus penipuan barang kiriman dari luar negeri”

  1. Saya mengiklaskan uang 5juta 500rb. Karna tadi siang sudah transfer ke orng yang katanya petugas cargo. Dia minta lagi 15juta untuk mendapatkan sertifikat pencucian uang. Mereka mengancam saya dan keselamatan keluarga saya. Apalagi si bule gila itu. Cukup membuat pelajaran buat saya. Ada saran untuk tidak diteror atau diancam terus oleh orang2 ini??

    Balas
  2. Saya baru saja berteman dengan orang london dia mengirim saya hadiah dan setelah beberapa hari hadiah itu telah sampai dan saya di hubungin oleh pihak yang mengatakan bea cukai dan saya di mintain uang 7jt untuk membayarnya lalu saya tanya dimana letak paket itu dari pihak dia mengatakan di bandara hamidun apakah memang ada bandara hamidun di daerah batam

    Balas
  3. Assalamualaikum kak dari kemaren saya berkenalan dengan orang luar negri dia orang Jerman yg sedang bekerja di Benin,dia akan mengirimkan sebuah kado atau kotak untuk saya yg ber isi tas iPhone,jam tangan uang dan kalung, pengiriman melalui via delta courir apa yg harus saya lakukan kak

    Balas
  4. Hati2 sobat, marak sekali penipuan seperti ini. Saya mo share pengalaman saya. Intinya jangan mudah percaya dan baper saat main medsos. Karena para penipu ini memainkan emosi dan psikologis kita.

    Saya udah 2 kali mengalami modus beginian. Yg pertama ngaku namanya James. Yg kedua Rolland. Tampak penampilan borju tapi asliii mentalnya kere 😂. Tapi untungnya nalar saya tetep jalan. Gak sampe kehilangan uang sepeser pun.

    Mereka (penipu tsb) mengaku berasal dari Malaysia dan Vietnam yg tinggal London. Modusnya kasih iming2 hadiah mewah. Kalo gak minta bantuan untuk menangin tender tar hasilnya dibagi dua. Dari sini udah omong kosong sebenernya.

    Mereka punya komplotan di Indonesia yg ngaku dari pihak bea cukai. Udah deh polanya udah bisa dibaca. Kemarin langsung saya telpon “You guys will try to trick me, but I already know your trick”. Klo orang nya gak mau angkat call, udah ciut kali nyalinya.. Haha

    Tanpa ba bi bu… Langsung block it. Jangan lupa block juga akun medsos dia. Udah.. Lupakan… Mari kita move on..

    Balas
  5. Saya ingin bantuannya saya juga baru kenal dengan orang luar dia mengirim i saya berupa barang,tpi saya di suruh bayar 5jt untuk biaya pengiriman nya,tapi saya selalu meminta photo barang nya sama pihak kurir tapi tdak di kasih,dan sya meminta di byr di rumah tetap tdak di kasih juga,mknya saya ragu, soal bya teman saya yg kirim brang ke saya sudah bayar biaya pengiriman dsana,cuman krna mereka menemukan sejumlah uang dsitu jdi harus bayar 2kali,mknya saya masih ragu apakah betul seperti itu atau hanya modus,walaupun piham pengirim menunjukkan photo atau video nya ke saya,

    Mohon bantuannya teman2🙏🙏🙏

    Balas
  6. saya dapat kenalan di IG, dia akan mengirimkan saya hadiah dan uang karena anaknya meminta untuk memberikan saya apakah itu tidak masalah, karena dia bialng menggunakan kurir Air courier dan diminta untuk membayar 5juta baru barang dikirim. saya masih binggung apakah ini bner atau tidak, karena orng itu meminta saya agar barangnya cepat sampai kerumah saya, mohon bantuannya untuk solusinya

    Balas
  7. saya dapat kenalan di IG, dia akan mengirimkan saya hadiah dan uang karena anaknya meminta untuk memberikan saya apakah itu tidak masalah, karena dia bialng menggunakan kurir Air courier dan diminta untuk membayar 5juta baru barang dikirim. saya masih binggung apakah ini bner atau tidak, karena orng itu meminta saya agar barangnya cepat sampai kerumah saya, mohon bantuannya untuk solusinya. karena lumaya nebus 5 juta

    Balas
  8. Kak, minta saran.
    Saya berkenalan dgn orang hongkong yg mengaku kerja di inggris lewat salah satu sosmed.
    Udah dr awal emang menanamkan keyakinan gak akan baper2an, secara jauh. Tp dia ngebet terus katanya suka lah sayang lah dll.
    Saya gak bener2 makin ilfeel. Yaudahlah aku tantang aja buat dia dateng ke indonesia. Dia minta alamatku, tp aku gak kasih, aku kasih alamat kantor.
    Terus tiba2 dia wa bilang ngirim bnyk barang, ada iphone, tas, sepatu dll.
    Baru beberapa jam yg lalu dia ngabarin udah ngirim barangnya. Sampe skrg aku blm dpt notif apa2. Tp kok receipt yg dia kirim lewat wa, ada tulisan aku suruh bayar biaya pengiriman.
    Aku gakmau donk, orang aku gak minta dan dia yg malah tiba2 ngirim.
    Tp dia bilang, kalo aku gamau nerima barangnya ketika barang itu sampe, aku bakal dikasusin ato bahkan dipenjara. Bener gak kak?
    Tolong jawab donk kak, aku sampe gak bisa tidur nii mikir ini. Mana gak punya uang sama sekali

    Balas
  9. sy kenal dengan org bule,orng malay tinggal di LA, bbrpa hari dia blang menang tender dan akan kirmin saya hadiah, dia foto dan video semua brg yg akan dkirmkn ke saya , dan dia blng stisabnya diindo akan dkenakan biaya 4jt, dia kirim no invoice dan disitu tertera resi dan total biaya tax , blm sampai sih ng yakin aja , hr gini ada org kasi hadaih banyak , pdahal baaru kenal …pengiriman dari Transglobal Courier Service Delivery Company , apakah ini penipuan juga ?

    Balas
  10. Pagi kak…
    Kak mohon kasih solusi dong
    Aku punya temen yg tinggal d London, baru sebulan sih blum lama. Sering juga vidcall sma dia.
    Nah jd dia mau ngirim hadia dr London karena aku ultah. Itu gimana ia kak beneran atau nggak ia??
    Bagi pengalaman dong, yg d sini yg udah pernah kena tipu sering gak vidio call sma yg ngirim hadiahnya??
    Jd agak ragu mau nerimanya, takut kena biaya lg

    Balas
  11. Saya sekarang mengalaminya
    Saya dapat paket dari wasingtong dan paketnya telah sampai di indonesia pagi ini
    Tapi saya malah dimintai biaya 9Jt

    Apa yang harus saya lakukan saya tidak tau bagaimana mengetahui apakah paket itu benar atau tidak

    Balas
  12. Astagfirullah….saya juga berpikir yang sama …meski saya SDH mengeluarkan uang 7.200 biaya paket pengiriman ingris ke Indonesia. Dkc nama jasa pengiriman .ia tidak mengirimkan bukti ap2 tapi dengan bodohnya sy mentranfer sejumlah uang yg diminta…mana boleh utang …tapi saya masih beruntung dr sekian bnyk ga mau sy kluarin biaya sertifikat uang…yg dikasihnya … Saya mau barang sampe baru akan saya berikan uangnya…
    Sampe saat ini saya trus menghindar bahwa tidak bisa menyanggupi…astaga jahat banget ya si penipu…sangat pintar dan rangkum sedemikian rupa…astaga ….

    Balas

Tinggalkan komentar