Cara melihat Add-ons di Mozilla Firefox

Kemudahan dalam menambahkan fitur dengan Add-on pada Mozilla Firefox merupakan sisi positif, tapi negatifnya kadang Add-on yang terinstall ini akan membuat Firefox menjadi berat atau bahkan mengubah tingkah laku dan merusak tampilannya. Apalagi kalau anda sering menginstall software yang sekarang banyak ditumpangi malware, virus, toolbar atau pembajak browser.

Langkah awal untuk mengetahui masalah pada Mozilla Firefox terletak dimana dapat dimulai dari meliaht daftar Add-on yang terpasang di browser. Caranya adalah cukup menekan tombol menu Firefox dan pilihan Add-ons. Halaman Extensions akan terbuka dan berisi seluruh add-on yang ada install dalam Firefox. Anda juga bisa mengakses halaman Add-ons Mozilla Firefox dengan menekan tombol Ctrl+Shift+A.

mozilla-firefox-menu-add-ons

Add-on yang berwarna adalah yang aktif, warna abu – abu menandakan add-on tersebut mati, tanda centang hijau biasanya menandakan add-on itu akan aktif setelah Mozilla Firefox direstart, sedangkan tanda peringatan kuning memberi tahu bahwa versi add-on tersebut tidak cocok dengan versi Mozilla Firefox yang digunakan.

mozilla-firefox-add-ons-manager

Beberapa opsi tambahan bisa diakses melalui menu settings di pojok kanan atas halaman Extensions. Anda bisa mengecek update dari seluruh add-on yang terpasang, melihat update terbaru yang tersedia, menginstall add-on firefox (.xpi) dari file, perbarui add-on firefox otomatis dan me-reset seluruh add-on untuk update otomatis.

mozilla-firefox-add-ons-manager-settings

Bila anda melihat ada add-on yang merasa tidak pernah anda install matikan saja atau hapus bila sudah yakin, kemungkinan ini adalah add-on pembajak browser yang kadang akan menampilkan iklan, mengganti search dengan website lain, menambahkan toolbar dan software pengganggu lainnya. Coba dicek dulu apakah komputer anda bersih dari malware, kalau belum ampuh juga silahkan reset kembali Mozilla Firefox ke semula.

Tulis komentar...