Mengembalikan kondisi Mozilla Firefox ke keadaan semula

Kalau keadaan dan kondisi browser Mozilla Firefox menurut anda sudah tidak dapat diperbaiki, entah disebabkan virus, malware, konflik plugin dan toolbar yang mengganggu. Mungkin lebih baik anda lakukan reset terhadap Firefox, daripada anda repot berusaha mencoba satu – satu cara mengatasi masalah ini lebih mudah memulai kembali dari awal.

Mozilla Firefox sesungguhnya menyediakan fitur reset setting ke awal, jadi keadaan browser anda akan dikembalikan ke semula seperti instalasi baru dan dengan beberapa informasi penting yang masing tersimpan. Tombol ini memiliki nama “Reset Firefox to its default state” dan memiliki fungsi yang mirip dengan tombol “Restore default settings” atau “Restore factory settings” yang biasa berada di handphone kita.

Anda bisa mengakses tombol ini dengan mengetikkan about:support pada address bar dan tekan Enter.

mozilla-firefox-about-support

Cara lainnya adalah dengan mengakses menu Help > Troubleshooting Information.

mozilla-firefox-help-troubleshooting-information

Anda akan dialihkan ke halaman internal yang dinamakan Troubleshooting Information. Letak dari tombol ini bisa anda lihat pada sebelah kanan atas.

mozilla-firefox-reset-firefox-to-its-default-state

Cara kerja “Reset Firefox to its default state” pada dasarnya akan membuat profil pengguna baru dan akan menghapus seluruh modifikasi yang anda buat pada about:config, userChrome.css code, userContent.css code, cache, cookies, dan lainnya. Pergunakan fitur ini dengan hati – hati.

Fungsi tombol ini akan sangat berguna bagi anda yang telah menyerah dalam usaha memecahkan masalah yang terjadi pada Mozilla Firefox dan ingin melakukan reset untuk memperbaikinya.

30 pemikiran pada “Mengembalikan kondisi Mozilla Firefox ke keadaan semula”

    • Halo Rois, ketikkan alamat berikut: about:support dan tekan ENTER. Anda akan menemukan tombol Reset Firefox dihalaman tersebut.

    • Halo Dita, tidak bisa melalui Options mbak. Pada Mozilla Firefox buka Menu > Open Help Menu (icon tanda tanya dibagian paling bawah) > Troubleshooting Information > Refresh Firefox.

    • Selamat pagi Ismii, lokasi menu Firefox sering berubah pada setiap update. 🙁 Ada cara pastinya kok mas, silahkan ketikkan alamat berikut: about:support dan tekan ENTER. Nanti halaman Troubleshooting Information akan muncul. Sekarang namanya juga bukan Reset Firefox melainkan Refresh Firefox.

  1. gan gimana caranya ya mengembalikan icon “toogle cookies” ke menu addres bar ? kalo saya install ulang si bos suka marah marah, soalnya password males ngetik lagi

    Balas
    • Halo Isna, paling cepat langsung ketik alamat berikut: about:support dan ENTER. Nanti di kanan akan ada opsi untuk Refresh Firefox.

  2. gan ane sudah Reset Firefox nkok beranda ane tetep teralihkan dengan situs web yang lain ini ? tolong bantuanya . makasih 🙂

    Balas
  3. kakak…. mozilla saya nih kan waktu dibuka pasti ada tulisan “Firefox can’t find the file at resource://caa1-adoicaxffmovix-at-jetpack/gomovix/data/index.html.”… padahal saya tidak menghapusnya…. dan itu terjadi setelah saya download PB Offline kak?? jadi solusinya apa kak??

    Balas
  4. Saya sudah mengikuti cara-cara yang kak candra infokan tapi kenapa ya, waktu saya mau search tetap saja failed. Kenapa ya itu ?
    Mohon bantuannya

    Balas
    • Halo Nisa, masalahnya gimana mbak? Muncul iklan pas browsing? Mesin telusur bukan Google? Atau membuka situs gagal?

    • Halo Ardian, sederhana mas. Berarti komputernya terinfeksi malware, jadi selalu dirubah firefoxnya. Coba install MalwareBytes Anti-Malware untuk mengatasinya.

    • Waduh… semoga masih ada, coba akses lokasi %APPDATA%\Mozilla\Firefox\Profiles dan kalau cuma ada satu isinya ya… lenyap sudah.

Tulis komentar...