Cara melihat extension di Google Chrome

Salah satu penyebab tingkah laku Google Chrome aneh atau tampilannya yang bisa berbeda bisa dikarenakan Extension yang terpasang dan aktif di Chrome. Extension adalah aplikasi kecil yang biasanya menambahkan atau mengubah fungsi yang ada di Google Chrome, dan bisa disalahgunakan oleh penyebar virus, malware atau adware.

Cara mengetahui extension yang terpasang di Google Chrome

Sebelum anda kebingungan terhadap kerusakan pada Google Chrome ada baiknya mengecek terlebih dahulu daftar ekstensi yang terinstall dan hidup. Bagaimana caranya? Cukup mudah sebenarnya, klik tombol menu di pojok kanan dan pilih Settings.

google-chrome-menu

Selanjutnya pindahkan tab ke Extensions, anda akan melihat seluruh extension yang ada di Google Chrome. Cara lain mengakses bagian Extensions Google Chrome adalah dengan mengetikkan alamat berikut ke address bar : chrome://extensions.

google-chrome-extension

Saya akan menjelaskan kondisi yang bisa terjadi pada extension di Google Chrome, bila aktif maka akan berwarna penuh, sedangkan bila mati maka akan berwarna abu – abu.

Allow in incognito berarti memperbolehkan extension tersebut aktif dalam mode incognito. Incognito ini adalah mode menggunakan Google Chrome yang tidak bisa dilacak dan tidak meninggalkan jejak baik di history, cookie dan cache. Mode incognito sebaiknya digunakan untuk mengunjungi situs – situs yang memiliki konten… yang beresiko untuk komputer anda.

Mengenai Developer mode di Google Chrome

Pada bagian Extensions ini terdapat mode developer, ini biasa digunakan oleh pengembang extension untuk Google untuk memuat extension buatannya secara manual melalui tombol Load unpacked entension dan membuat paket ekstensi dengan tombol Pack extension.

google-chrome-extensions-developer-mode

Anda juga bisa memaksa Google Chrome untuk melakukan update ke seluruh extension yang ada, tentunya bila memang tersedia update. Klik saja tombol Update extensions now untuk melakukan pembaruan secara serentak.

Kalau kondisi Google Chrome anda dirasa sudah rusak parah dan tidak harapan, langsung reset saja keadaan Google Chrome kesemula – daripada anda repot – repot install ulang. Pastikan juga komputer anda bebas toolbar pembajak browser dan bersih dari malware yang menginfeksi komputer.

Tulis komentar...