Cara melindungi lembar kerja Excel dari modifikasi

Data keuangan merupakan salah satu hal terpenting dalam usaha, dan biasanya seluruh perhitungan dan pencatatan keuangan akan disimpan dalam dokumen Excel (*.xls, *.xlsx). Dari pengalaman pribadi saya biasanya saat ada rekap maka setiap laporan excel dari sales atau marketing harus dilindungi dengan password supaya tidak ada main curang karena ini berhubungan langsung dengan pemasukan perusahaan.

Kalau anda sedang mengalami hal serupa dan ingin mem-password lembar kerja Excel anda dari segala perubahan tanpa ijin maka anda bisa mengikuti panduan berikut. Disini saya menggunakan Microsoft Excel 2007. Buka saja dokumen Excel anda dan pilih lembar kerja (sheet) yang ingin diproteksi.

microsoft-excel-2007-protect-sheet

Kemudian buka tab Review, pada kotak Changes akan ada tombol Protect Sheet silahkan diklik. Nanti anda akan diminta mengisikan apa passwordnya. Setelahnya maka seluruh data yang ada dalam lembar kerja tersebut akan dikunci dan hanya bisa dilihat saja kecuali tahu apa kata kuncinya.

Sangat mudah bukan? Saya sarankan jangan sampai anda lupa apa passwordnya, dan buatlah backupnya untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan – pakai DropBox sangat dianjurkan.

Tulis komentar...