DropBox: Backup dan sinkronisasi data otomatis

Kita pasti pernah mengalami musibah ini:  data proyek atau tugas kuliah yang telah dikerjakan hilang dan backupnya entah kemana. Backup yang kita lakukan secara manual biasanya masih sangat sederhana(copy paste data ke harddisk/flashdisk). Syukur – syukur kalau data anda juga dibackup online, kalau belum saya akan memperkenalkan DropBox sebagai solusinya sebelum masalah terjadi.

DropBox merupakan layanan file hosting dan sinkronisasi data online, jadi dengan memasangkan setiap perangkat yang anda gunakan kedalam akun DropBox maka akan otomatis melakukan sinkronisasi file – file yang ada berikut dengan modifikasinya.
dropbox-logo
Walaupun fungsi utamanya adalah agar file tersebut bisa diakses dari semua tempat (anda harus menginstall aplikasi clientnya yang tersedia untuk Windows, Linux, Mac, Android, iOS) dan setiap perubahan data akan otomatis tersimpan dan tersebar ke setiap perangkat yang terhubung, tapi anda bisa memanfaatkannya sebagai aplikasi backup sederhana juga – bisa dikatakan efek samping yang positif.
dropbox-home

Misalkan anda sudah terlanjur menghapus data penting anda, maka asalkan lokasinya berada dalam folder yang disinkronkan dengan DropBox dan dalam waktu 30 hari anda bisa memulihkannya ke keadaan semula. Bahkan setiap revisi perubahan juga bisa diambil, jadi tidak ada detail yang terlewat asalkan anda rutin melakukan sinkronisasi online.

Proses sinkronisasi ini sendiri berjalan otomatis tanpa perlu anda intervensi dari penggunanya di komputer. Jadi biarkan saja dan apabila ada perubahan dalam folder atau file, dan ada koneksi internet maka akan langsung berjalan prosesnya.

Bekerjasama dengan rekan – rekan juga bisa dengan mudah dilakukan, anda tinggal mengundang mereka kedalam folder atau file yang ingin disharing dan otomatis akan diberi hak untuk melihat saja atau melakukan editing.

dropbox-share-link

Tidak ada lagi alasan bahwa kawan anda sibuk saat ingin menyelesaikan tugas, kita bisa melacak setiap kemajuannya sehingga tidak ada yang bisa bermalas – malasan. 😛 Saya sendiri memang mewajibkan penggunaan DropBox saat kuliah dulu supaya setiap orang bisa dipantau apakah benar – benar bekerja, sekarang di lingkungan kerja (kantor) pun sama.

Oh ya, apabila anda mendaftarkan akun DropBox menggunakan link diatas maka akan mendapatkan bonus kapasitas penyimpanan sebesar 500MB. Secara default kita akan mendapatkan 2GB saja, jadi sekarang totalnya adalah 2.5GB. Lumayan bukan? 🙂 Anda juga bisa meningkatkan kapasitasnya gratis dengan mengikuti petunjuk penggunaannya yang dikemas dalam bentuk tutorial.

Tulis komentar...