LOADING

Type to search

Windows

Cara memanggil Group Policy Editor

Group Policy adalah fitur dari Windows dimana setiap komputer bisa dibatasi fitur – fiturnya sesuai dengan keinginan system administrator yang bertanggung jawab. Selama komputer tersebut bergabung dalam jaringan (bisa menggunakan Active Directory) dan dikendalikan dari server maka setiap kebijakan perusahaan bisa diterapkan tanpa mengganggu kerja pengguna.

Bukan berarti anda harus memiliki LAN terlebih dahulu untuk menggunakannya, anda bisa mengatur setting Windows dan beberapa software bawaannya melalui Local Group Policy, jadi kebijakan yang anda setting hanya berlaku di komputer itu saja.

Saya sendiri cuma menghapalkan satu cara untuk memanggil Group Policy Editor, yaitu dengan menjalankan run command (Windows+R), dan mengetikkan perintah gpedit.msc kemudian disusul ENTER.
windows-run-command-gpedit-msc

Akan muncul Local Group Policy Editor, anda bisa melihat banyak kategori setting sistem operasi Windows dan juga software aslinya juga bisa diatur dari sini.
gpedit-user-configuration-desktop

Anda bisa bereksplorasi apa saja konfigurasi Windows yang bisa diaktifkan atau malah dimatikan, kalau anda ingin membatasi kemampuan pengguna komputer kantor dalam hal – hal tertentu biasanya dalam Group Policy sudah ada settingnya. Setiap setting ini biasa disebut GPO (Group Policy Object).

Jadi belum tentu anda harus mengutak – atik registry atau command prompt untuk mengubah perilaku Windows, menggunakan GPO akan lebih mudah dan cepat.

Tulis komentar...