Cara memasukkan user ke group Windows melalui command prompt

Dalam Windows setiap user account yang dibuat akan memiliki group tersendiri, ini bisa difungsikan sebagai pembeda hak aksesnya atau sekedar merapikan sebuah komputer yang memiliki banyak pengguna. Biasanya ada user standar, administrator, power user, guest dan lain – lain tergantung kebutuhannya.

Untuk memasukkan sebuah user ke dalam grup di Windows dari pengalaman jauh lebih cepat menggunakan command prompt. Format perintahnya adalah: net localgroup nama_grup nama_user /add. Misalkan kita ingin menambahkan username chandra ke grup administrators maka jalankan perintah berikut: net localgroup administrators chandra /add.
cmd-net-localgroup-add

Misal nama grupnya memiliki spasi maka gunakan tanda kutip (“), contohnya kita memasukkan user chandra ke grup Remote Desktop Users maka perintah cmdnya: net localgroup “Remote Desktop Users” chandra /add. Gunakan gambar diatas sebagai referensi.

Kalau muncul pesan kesalahan “System error 5 has occurred. Access is denied.” maka anda tidak memiliki ijin untuk mengeksekusi perintah tersebut. Jalankan command prompt dengan hak administrator untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...