Cara mematikan AdBlock di Opera

Walaupun Opera Web Browser sudah kalah pamor tetapi bukan berarti tidak mampu. Saya masih setia menggunakannya sampai sekarang walaupun sudah berubah menggunakan mesin yang sama dengan Google Chrome. Nah… salah satu fitur/ekstensi yang bisa membuat kita gagal melihat isi website adalah anti-blokir-iklan atau sering disebut AdBlock. Dulu cuma ada setelah menginstall ekstensi dan sejak versi 37 malah sudah menjadi fitur defaultnya.

Kalau anda tetap ingin membaca isi situs atau mendownload file yang memblokir akses karena memakai AdBlock maka untuk sementara dapat dimatikan. Akan saya ajarkan apabila menggunakan ekstensi pemblokir iklan. Sangat mudah kok sebenarnya, silahkan perhatikan pada bagian kanan atas akan ada simbol tangan dalam papan peringatan warna merah.

opera-adblock-extension

Kalau niatnya cuma sementara maka klik saja Pause AdBlock, atau bisa juga diperbolehkan secara permanen khusus untuk website tersebut dengan memilih Don’t run on pages on this domain. Tapi kalau anda dirasa sudah tidak membutuhkan addon ini maka bisa menghapusnya secara permanen dengan klik Menu > Extensions > Manage extensions atau lebih cepat dengan menekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+E dan klik icon silang di kanan atas. Anda juga bisa mematikan ekstensinya dengan klik Disable sebelumnya.

Metode kedua adalah apabila tidak menggunakan software tambahan diatas, berarti menggunakan fitur asli Opera. Ini juga caranya sangatlah mudah mengatasinya. Silahkan akses pengaturan Opera, Menu > Settings atau tekan hotkey ALT+P.

opera-settings-basic-block-ads

Tepat dibagian awal setelan Basic akan ada opsi Block ads and surf the web up to three times faster, tinggal anda hilangkan centangnya dan masalahnya selesai. Jangan lupa restart browsernya tapi. Oh ya, ini browser untuk komputer kalau untuk handphone agak lain caranya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply