Cara mematikan DHCP di Windows

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah sistem pembagian alamat IP secara otomatis pada setiap perangkat jaringan yang terhubung pada modem atau router. Setiap komputer, handphone, tablet dan perangkat apapun yang terhubung akan mendapatkan IP address didalam jaringan tersebut. Tapi setiap host atau klien ini sebenarnya tidak perlu menuruti DHCP untuk setting IPnya, kita bisa menentukan sendiri alamat IP yang dipakai dengan mematikan DHCP secara lokal.

Silahkan anda akses Network Connections dari Control Panel, atau anda bisa membukanya secara langsung dengan mengetikkan lokasi berikut pada Windows Explorer: Control Panel\Network and Internet\Network Connections. Disini akan tampil seluruh perangkat jaringan yang ada atau terpasang pada komputer anda. Kemudian klik kanan pada network yang aktif dan pilih Properties.

windows-7-network-connections

Pada tab Networking pilih Internet Properties Version 4 (TCP/IPv4) dan pilih Properties lagi.
windows-7-network-properties

Kemudian ubah opsi dari “Obtain an IP address automatically” menjadi “Use the following IP address”, maka DHCP di Windows akan nonaktif dan anda harus mengisikan IP address, Subnet Mask, dan Default Gateway secara manual. Opsional juga, anda bisa mengganti DNS server yang digunakan, caranya sama dengan mengganti IP dari sistem DHCP menjadi statis.
windows-7-tcp-ip-properties-dhcp-disabled

Oh ya pastikan alamat IP yang anda setting sendiri setelah mematikan DHCP tidak ada yang sama dengan komputer lain, kalau tidak akan muncul pesan error “Windows has detected an IP address conflict”.

4 pemikiran pada “Cara mematikan DHCP di Windows”

Tulis komentar...